Cloud File Provider is Not Running

Cara Mengatasi Error OneDrive “Cloud File Provider Is Not Running” di Windows

Posted by

OneDrive adalah layanan penyimpanan cloud yang populer dari Microsoft. Layanan ini memungkinkan Anda untuk menyimpan file dan folder Anda secara online dan mengaksesnya dari mana saja. Namun, terkadang Anda mungkin mengalami error OneDrive “Cloud File Provider Is Not Running”.

Error ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti OneDrive yang tidak berjalan atau dinonaktifkan, OneDrive yang korup, sistem operasi Windows yang korup atau tidak diperbarui, konflik dengan aplikasi lain, atau masalah dengan jaringan internet Anda.

Artikel ini akan menjelaskan penyebab terjadinya error “Kesalahan 0x8007016A: Penyedia file cloud tidak berjalan” dan cara mengatasi error OneDrive “Cloud File Provider Is Not Running” di Windows.

Kesalahan “Cloud File Provider is Not Running” adalah pesan kesalahan yang muncul pada sistem operasi Windows ketika komponen penyedia file cloud dari layanan OneDrive tidak dapat berjalan atau mengalami masalah.

Dalam konteks ini, “Cloud File Provider” mengacu pada komponen yang bertanggung jawab untuk mengelola sinkronisasi file antara komputer pengguna dan penyimpanan cloud OneDrive.

Ketika kesalahan ini terjadi, sistem tidak dapat menjalankan proses sinkronisasi file dengan benar, yang dapat mengakibatkan ketidakmampuan untuk mengakses atau mengelola file yang tersimpan di OneDrive.

Pertama, Sinkronisasi OneDrive Dinonaktifkan

Anda kemungkinan akan mengalami kesalahan ketika OneDrive tidak dapat melanjutkan sinkronisasi. Tindakan pengguna atau perangkat lunak pihak ketiga yang mencoba menghemat daya dan internet juga mungkin menjadi penyebabnya jika mereka menonaktifkan kemampuan sinkronisasi OneDrive.

Karena sinkronisasi yang dilakukan oleh OneDrive akan memakan banyak data internet Anda sesuai dengan ukuran file yang disinkron secara otomatis, semakin besar file maka semakin besar pula internet yang dibutuhkan.

Kedua, Sinkronisasi Dibatasi oleh Power Plan

Sebuah laptop dengan daya hemat daya juga mungkin menjadi penyebab masalah, karena hal ini dapat mencegah fungsi sinkronisasi berfungsi pada perangkat tersebut.

Hemat daya yang dilakukan oleh laptop akan mengurangi beberapa fungsi laptop untuk menghemat data baterai, ini tidak hanya berdampak pada OneDrive saja namun beberapa aplikasi juga mungkin terkena dampak dari Power Plan bawaan Laptop.

Seharusnya Anda sudah menemukan solusi jika posisi Anda saat ini sedang menghidupkan Hemat Daya pada laptop Anda.

Ketiga, File Sistem OneDrive Rusak

Error:0x8007016A juga dapat disebabkan oleh file yang rusak dalam folder OneDrive.

Jika ada file OneDrive yang mengalami kerusakan maka akan berdampak pada kinerja aplikasi OneDrive tersebut, Anda diharusnya mengecek kembali apakah ada file OneDrive yang terhapus atau dipindahkan dari folder utamanya.

Keempat, Update KB4457128 untuk Windows 10 dan 11 Rusak

Telah ditemukan bahwa pembaruan Windows 10 yang bermasalah yang memengaruhi folder OneDrive dapat memicu masalah ini.

Terkadang, pembaruan keamanan KB4457128 dapat membuat fitur auto-sync folder OneDrive sepenuhnya tidak berfungsi bagi sebagian pengguna.

Update terbaru bukan berarti yang terbaik untuk semua pengguna, mungkin beberapa pengguna beruntung mendapatkan update ini tidak ada masalah, tetapi untuk pengguna lainnya malah akan menambah masalah baru.

Kelima, Masalah dengan Jaringan Internet Anda

Hal utama jika berhubungan dengan aplikasi berbasis online adalah terhubung dengan internet yang stabil. Pastikan bahwa kecepatan internet Anda terhubung.

Pastikan juga internet bertuliskan “terhubung tersambung dengan internet” jika hanya terhubung saja tidak ada data internet yang dipakai maka aplikasi ini tidak ada berjalan.

Nonaktifkan Fitur “Files On-Demand”

Fitur “Files On-Demand” memungkinkan Anda mengakses file dan folder OneDrive Anda tanpa harus mengunduhnya ke komputer Anda.

Namun, jika OneDrive gagal menyinkronkan file dengan benar, Anda mungkin akan menerima kode kesalahan 0x8007016a saat mengakses, menyalin, atau mengubahnya.

Untuk menghindari masalah ini, Anda dapat menonaktifkan sementara fitur “Files On-Demand” OneDrive di komputer Anda. Beberapa pengguna dalam posting komunitas Microsoft melaporkan bahwa mereka berhasil mengatasi kesalahan ini dengan trik ini. Anda juga bisa mencobanya.

Untuk menonaktifkan fitur “Files On-Demand” dalam OneDrive, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik ikon OneDrive di taskbar.
  2. Klik ikon berbentuk roda gigi dan pilih Pengaturan.
  3. Pilih Sync and backup di panel sisi kiri.
  4. Perluas Advanced Settings di panel kanan.
  5. Klik tombol Download all files.

Jika ini memperbaiki pesan kesalahan “Penyedia file cloud tidak berjalan,” Anda dapat mengaktifkan kembali fitur “Files On-Demand” setelah beberapa waktu.

Update Windows Anda

Kesalahan OneDrive seperti 0x8007016a juga dapat muncul karena versi Windows yang bermasalah atau sudah ketinggalan zaman. Oleh karena itu, ide yang baik adalah memasang pembaruan Windows yang tertunda sebelum melanjutkan ke tips pemecahan masalah lanjutan.

Untuk mengaplikasikan pembaruan Windows yang tertunda:

  1. Tekan Win + I untuk membuka aplikasi Pengaturan.
  2. Beralih ke tab Pembaruan & Keamanan Windows dan klik tombol Periksa pembaruan.
  3. Unduh dan pasang pembaruan yang tertunda

Kemudian, lihat apakah OneDrive masih menampilkan kesalahan “cloud file provider is not running” pada PC Anda.

Lanjutkan Sinkronisasi File OneDrive

Alasan lain mengapa OneDrive dapat menampilkan kesalahan 0x8007016a adalah jika Anda telah menonaktifkan sinkronisasi file pada komputer Windows Anda. Anda perlu mengakses pengaturan sinkronisasi OneDrive Anda dan pastikan sinkronisasi tidak dijeda.

  1. Klik ikon OneDrive di taskbar.
  2. Klik ikon berbentuk roda gigi dan pilih Lanjutkan sinkronisasi dari menu yang muncul.

Setelah itu, coba akses file OneDrive Anda dan lihat apakah Anda masih mendapatkan kesalahan apa pun.

Beralih ke Mode Daya “High Performance”

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, mengaktifkan sinkronisasi OneDrive mungkin tidak efektif jika Anda telah mengonfigurasi Windows untuk menghemat daya baterai.

Hal ini dapat menyebabkan OneDrive menghentikan operasi sinkronisasi pada Windows dan memicu kesalahan seperti yang dibahas di sini.

Untuk menghindari hal ini, Anda perlu mengatur Windows ke mode daya “high performance” (kinerja tinggi). Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pergi ke “Control Panel
  2. Kemudian pilih “Hardware and Sound
  3. Setelah itu klik pada “Power Options
  4. Pilih High performance

Reset OneDrive Anda

Jika menghapus folder OneDrive yang bermasalah tidak memecahkan masalah, atau jika Anda menerima kode kesalahan 0x8007016a untuk setiap file dan folder, Anda dapat mereset OneDrive.

Ini akan menghapus semua file dari folder OneDrive di komputer Anda, tetapi mereka masih akan tersedia di cloud. Jadi, Anda tidak akan kehilangan data apa pun.

Berikut cara mereset OneDrive di komputer Windows Anda:

  1. Tekan Win + S untuk membuka menu pencarian.
  2. Ketik “OneDrive” dalam kotak pencarian dan pilih Open files location.
  3. Di jendela File Explorer yang terbuka, klik kanan pada pintasan aplikasi OneDrive, dan pilih Salin sebagai path (copy sebagai path).
  4. Tekan Win + R
  5. Di dalam kolom Open (Buka), tempelkan path file eksekusi OneDrive, diikuti oleh /reset.
  6. Klik OK.

Install Ulang Aplikasi OneDrive Anda

Jika mereset OneDrive tidak memecahkan masalah, beberapa file inti aplikasi mungkin rusak. Dalam hal ini, opsi terbaik adalah menghapus aplikasi OneDrive dari komputer Windows Anda dan menginstal ulangnya.

Ini akan memberikan aplikasi awal yang segar di komputer Anda dan memecahkan kesalahan apa pun.

Untuk menghapus OneDrive dari komputer Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tekan Win + I untuk membuka aplikasi Pengaturan.
  2. Pilih ke Apps > Installed apps..
  3. Geser melalui daftar atau gunakan bilah pencarian di atas untuk menemukan Microsoft OneDrive.
  4. Klik ikon menu tiga titik di sebelahnya dan pilih Uninstall dari menu yang muncul.
  5. Pilih Uninstall lagi untuk mengonfirmasi.

Unduh OneDrive disini

Baca Juga Cara Mengatasi Error “Windows Cannot Access the Specified Device, Path or File”

Mungkin cukup mengganggu melihat pesan kesalahan seperti “The cloud file provider is not running”, terutama ketika Anda perlu segera mengakses file atau folder OneDrive. Semoga solusi yang tercantum di atas telah membantu Anda memperbaiki kesalahan tersebut, dan sekarang Anda dapat mengakses file dan folder OneDrive Anda lagi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *