Microsoft Edge Drop

Apa Itu Microsoft Edge Drop dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Posted by

Jika Anda mencari cara yang nyaman untuk berbagi file dan pesan antara perangkat ponsel dan desktop Anda, Anda mungkin ingin mencoba Microsoft Edge Drop.

Ini adalah fitur yang memungkinkan Anda dengan mudah memindahkan file untuk berbagi atau mengirim catatan kepada diri sendiri saat Anda menggunakan Microsoft Edge.

Dalam artikel ini kami akan membahas tentang apa itu Microsoft Edge Drop, bagaimana cara kerjanya, dan cara menggunakannya.

Microsoft Edge Drop adalah fitur dari Microsoft Edge yang memungkinkan Anda berbagi file dan konten antara perangkat Anda.

Anda dapat menggunakannya untuk mentransfer foto, video, dokumen, tautan, atau file lainnya dari satu perangkat ke perangkat lainnya dengan cepat tanpa menggunakan email, penyimpanan cloud, atau aplikasi lainnya.

Ini seperti memiliki sosial media dengan diri sendiri, di mana Anda dapat mengirim dan menerima file. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengirim catatan atau pengingat kepada diri sendiri saat Anda menjelajah web di desktop dan mengaksesnya nanti di ponsel Anda.

Drop bekerja dengan menggunakan penyimpanan cloud OneDrive. File yang dikirim menggunakan Drop akan diunggah ke OneDrive dan kemudian dapat diakses dari semua perangkat yang masuk ke akun Microsoft yang sama.

Anda dapat mengakses Drop dari bilah sisi Browser Edge di desktop Anda, atau dari menu hamburger di aplikasi seluler Anda.

Cara menggunakan Drop untuk:

  1. Berbagi foto, video, atau dokumen dengan teman, keluarga maupun dengan Anda sendiri di perangkat yang berbeda
  2. Berbagi file kerja dengan rekan kerja.
  3. Berbagi file proyek dengan teman sekelas atau kelompok belajar.
  4. Berbagi file musik atau video dengan perangkat hiburan.
  5. Menyalin tautan atau teks dari satu perangkat ke perangkat lainnya
  6. Menulis catatan untuk diri sendiri

Anda dapat melihat dan membuka file dan pesan yang Anda bagikan pada semua perangkat dengan membuka Drop di Microsoft Edge. Anda juga dapat mengunduhnya ke perangkat Anda.

Apa Itu Microsoft Edge Drop

Untuk mengaktifkan Microsoft Edge Drop, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka browser Microsoft Edge.
  2. Klik ikon tiga titik di sudut kanan atas.
  3. Pilih “Pengaturan“.
  4. Geser ke bawah ke bagian “Phone and Other Devices“.
  5. Aktifkan “Drop“.

Untuk menggunakannya, Anda perlu menginstal Microsoft Edge pada semua perangkat yang ingin Anda gunakan untuk berbagi berkas dan konten. Anda juga perlu masuk dengan akun Microsoft yang sama di semua perangkat Anda.

Setelah mengatur Drop, Anda dapat mulai berbagi berkas dan konten di semua perangkat Anda dari tempat Anda mengakses bilah sisi Bing AI.

Berikut beberapa contoh cara Anda dapat menggunakan Drop:

Di Desktop:

  1. Untuk membuka Drop, klik ikon pesawat kertas di bilah sisi browser Edge Anda.
  2. ketik di kotak teks di bagian bawah Drop dan tekan Enter.
  3. seret dan lepaskan dari komputer atau aplikasi lain ke Drop.

Di Mobile:

  1. Untuk membuka Drop, ketuk ikon hamburger di sudut kanan bawah Microsoft Edge
  2. lalu ketuk Drop.
  3. Untuk mengirim pesan kepada diri sendiri, ketik di kotak teks di bagian bawah Drop dan ketuk ikon Kirim.
  4. Untuk mengirim berkas kepada diri sendiri, ketuk ikon tambah di bagian bawah Drop dan pilih berkas yang ingin Anda kirim.

Secara umum, Microsoft Edge Drop aman untuk digunakan.

Fitur ini menggunakan penyimpanan cloud OneDrive untuk menyimpan file yang dikirim. OneDrive menggunakan enkripsi standar industri untuk melindungi file yang disimpan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memastikan keamanan saat menggunakannya:

  • Gunakan kata sandi yang kuat untuk akun Microsoft Anda.
  • Aktifkan autentikasi dua faktor untuk akun Microsoft Anda. 
  • Jangan menyimpan file sensitif di OneDrive. Seperti Password, foto KTP, foto KK atau file sensitif lainnya.

Pertama, Tidak Memerlukan Aplikasi Tambahan

Anda tidak perlu mengunduh atau menginstal aplikasi tambahan untuk menggunakan Drop. Ini terintegrasi langsung dengan peramban Microsoft Edge.

Kedua, Kemudahan Berbagi File antar Perangkat

Anda dapat dengan mudah berbagi file dan konten antara perangkat Anda, baik itu antara ponsel dan komputer atau antara komputer Anda.

Ketiga, Integrasi yang Lancar antar Perangkat

Drop terintegrasi dengan baik dalam browser Microsoft Edge, sehingga Anda dapat dengan mudah mengaksesnya tanpa harus membuka aplikasi terpisah.

Dibalik kelebihannya, Drop juga memiliki kekurangan yang mungkin harus anda pertimbangkan sebelum anda menggunakannya, baik itu untuk anda sendiri maupun dengan teman anda

Berikut adalah beberapa kelemahan Drop yang mungkin terjadi:

Hanya bisa menggunakan Browser Microsoft Edge

Aplikasi ini berfungsi dengan Microsoft Edge. Jika Anda menggunakan browser lain atau perlu berbagi dengan orang yang tidak menggunakan Edge, Anda mungkin harus mencari alternatif yang lebih serbaguna.

Harus Menggunakan Akun Microsoft

Ya sama seperti pada jasa penyimpanan cloud lainnya, anda hanya bisa menggunakannya jika memiliki akun, jika anda tidak ingin membuat akun Microsoft, anda bisa berbagi file menggunakan memori eksternal seperti flashdisk atau semacamnya.

Diperlukan Koneksi Internet yang Lancar

jika anda tidak memiliki internet yang memadai untuk internet-an, anda tidak bisa secara leluasa untuk menggunakan Drop, karena Drop sendiri merupakan Cloud yang digunakan untuk mengunduh atau mendownload file.

Yang dimana ini memerlukan koneksi internet yang cepat.

Terbatas pada Lingkungan Ekosistem Microsoft

Jika Anda menggunakan ekosistem perangkat yang tidak sepenuhnya terdiri dari produk Microsoft, Drop mungkin tidak seoptimal alternatif lain yang lebih umum digunakan.

Jika Anda mencari fitur berbagi file yang sederhana dan mudah digunakan, ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Fitur ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti berbagi foto, video, dokumen, atau pesan dengan teman atau keluarga, rekan kerja, atau kelompok belajar.

Namun, jika Anda perlu berbagi file sensitif atau berbagi file dengan pengguna yang tidak memiliki akun Microsoft, Anda mungkin perlu mempertimbangkan fitur berbagi file lainnya.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan apakah Microsoft Edge Drop layak digunakan untuk Anda:

  • Apa yang Anda butuhkan dari fitur berbagi file?
  • Apakah Anda dapat menerima kekurangan Microsoft Edge Drop?
  • Apakah fitur Drop berbagi file lebih sesuai dengan kebutuhan Anda daripada yang lain?

Jika Anda menjawab “ya” untuk semua pertanyaan ini, maka aplikasi ini mungkin layak digunakan untuk Anda.

Baca Juga Tidak Bisa Download Game di Microsoft Store

Microsoft Edge Drop adalah fitur yang berguna yang membantu Anda berbagi berkas dan konten di antara perangkat Anda tanpa mengganggu pengalaman menjelajah Anda.

Baik Anda ingin mengirimkan diri Anda sendiri pengingat, tautan, dokumen, atau foto, Drop dapat membantu Anda tetap berada dalam alur kerja dan menyelesaikan tugas.

Jika Anda belum mencobanya, cobalah dan lihat apakah ini dapat meningkatkan produktivitas dan alur kerja Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *