Cara Menggunakan Quick Settings di Windows 11

Cara Menggunakan “Quick Settings” di Windows 11

Posted by

Fitur Pengaturan Cepat atau “Quick Settings” yang baru di Windows 11 sesuai dengan namanya. Fitur ini menawarkan pintasan untuk mengubah berbagai pengaturan pada komputer Windows Anda tanpa harus membingungkan Anda dalam seluruh menu pengaturan. Fitur ini memberikan akses ke berbagai pengaturan seperti Bluetooth, Wi-Fi, Focus Assist, Nearby Sharing, Mobile Hotspot, dan sebagainya di satu tempat di sudut desktop Anda.

Jadi, jika menu Quick Settings jarang digunakan, maka mengatur ulang Quick Settings tampaknya cocok. Berikut cara memulainya.

Quick Settings di Windows 11 adalah panel yang menyediakan akses cepat ke pengaturan yang sering digunakan. Hal ini bisa membantu Anda menghemat waktu daripada harus membuka menu Settings yang lebih lengkap.

Quick Settings di Windows 11

Dengan Quick Settings diaktifkan, Anda bisa melakukan banyak hal tanpa terlalu banyak kerumitan. Untuk memulai, tekan pintasan Windows Key + A, dan menu Quick Settings Anda akan terbuka. Alternatifnya, arahkan ke sudut kanan bawah layar desktop Anda, dan klik pada serangkaian ikon di bawah (Wi-Fi, speaker, baterai, dll., yang akan menjadi beberapa pilihan Anda).

Dari situ, kotak dialog untuk Quick Settings Anda akan terbuka. Anda kemudian bisa mengatur pengaturan Anda dari sini dengan cukup mudah.

Misalnya, dengan mengklik Aksesibilitas, berbagai opsi lain akan muncul; contohnya, Anda bisa memilih dari Pembesar, Filter Warna, Narator, Kunci Stiker, dan sebagainya, serta membuat serangkaian perubahan—semuanya dari satu tempat.

Meskipun menu Quick Settings memiliki serangkaian ikon bawaan, Anda tidak perlu menerima begitu saja. Sebaliknya, Anda bisa menambah atau menghapus sebanyak mungkin ikon dari menu Quick Settings sesuai keinginan Anda, semuanya dengan beberapa penyesuaian.

Berikut cara memulainya:

  1. Klik ikon pensil di bawah menu Quick Settings Anda.
  2. Untuk menghapus ikon yang sudah ada, klik ikon lepas pada ikon yang bersangkutan.
  3. Untuk menambah ikon baru ke menu, klik Tambah dan pilih ikon yang ingin Anda tambahkan ke menu Anda.
  4. Terakhir, klik Selesai, dan pengaturan Anda akan disimpan.
Cara Edit Quick Settings di Windows 11

Daftar opsi yang akan Anda lihat di menu Quick Settings meliputi:

  1. Mode pesawat ( Airplane Mode )
  2. Penghemat baterai ( Battery Saver )
  3. Lampu malam ( Night light )
  4. Aksesibilitas ( Accessibility )
  5. Berbagi di sekitar ( Nearby sharing )
  6. Proyek ( Project )
  7. Layar berkabel ( Wired display )
  8. Tampilan Musik atau Video

Selain itu, jika Anda mengklik ikon pengaturan, Anda akan melihatnya sebagai menu pengaturan. Dan, ketika Anda mengarahkan kursor ke sana, Anda akan langsung dibawa ke menu pengaturan Windows Anda.

Baca Juga Cara Mengatasi Ikon Bluetooth yang Hilang

Dengan mengklik di mana saja di luar menu pengaturan, Anda dapat keluar dari menu Pengaturan Cepat. Meskipun Quick Settings memiliki beberapa fungsi yang terbatas, fitur ini adalah pilihan yang ideal bagi mereka yang terburu-buru.

Namun, mengandalkan Panel Kontrol atau menu Pengaturan adalah pilihan terbaik jika Anda mencari lebih banyak kontrol dan fitur.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *