Crash pada Aplikasi android

Kenapa Aplikasi Di Android Sering Mengalami Crash?

Posted by

Banyak orang berasumsi bahwa aplikasi crash karena ada bug dalam perangkat lunak atau karena tidak kompatibel dengan perangkat. Ada beberapa alasan mengapa aplikasi mungkin terus crash di perangkat Android, jadi coba langkah-langkah pemecahan masalah berikut sebelum Anda menyerah.

Pada dunia komputasi, crash mengacu pada situasi di mana sebuah program, seperti aplikasi perangkat lunak atau sistem operasi berhenti berfungsi dengan normal dan keluar secara paksa.

Hal ini dapat terjadi pada berbagai perangkat, seperti hp android.

Ada banyak alasan mengapa aplikasi mungkin terus crash di Android Anda, tetapi ada beberapa penyebab umum untuk masalah ini.

  • Aplikasi tidak mendukung versi Android Anda.
  • Versi aplikasi yang terinstal sudah usang.
  • Aplikasi memerlukan koneksi jaringan yang lebih baik daripada yang Anda gunakan.
  • Hp Android Anda kehabisan ruang penyimpanan dan aplikasi tidak memiliki akses ke memori sistem yang cukup untuk dijalankan.
  • Spesifikasi Hp anda tidak memenuhi untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Ada beberapa hal berbeda yang bisa Anda coba untuk memperbaiki masing-masing masalah ini.

Cobalah perbaikan berikut secara berurutan. Mereka disusun dari penyebab paling umum hingga paling jarang. Ini seharusnya membantu Anda menyelesaikan masalah ini lebih cepat.

Solusi sederhana ini sering kali menyelesaikan sebagian besar masalah, termasuk aplikasi yang crash. Ini sering terjadi karena seiring waktu, cache browser dan aplikasi dapat mengisi memori Android Anda.

Ketika ponsel telah menyala dalam waktu yang lama, penggunaan memori dari cache ini bisa sangat besar. Memulai ulang perangkat Anda akan menghapus semua cache dan membebaskan memori.

Ada beberapa aplikasi yang memerlukan bandwidth internet lebih besar dan tidak akan berfungsi dengan baik pada koneksi internet seluler. Pastikan untuk mengaktifkan Wi-Fi di Android Anda dan uji aplikasi ketika Anda memiliki koneksi internet yang kuat melalui jaringan rumah Anda.

Meskipun Anda terhubung ke jaringan, koneksi internet Anda mungkin masih tidak berfungsi dengan baik. Uji dengan membuka browser dan mengetik halaman web acak untuk memastikan halaman tersebut dimuat dengan benar.

Anda dapat memilih untuk memperbarui aplikasi yang menyebabkan masalah secara manual, atau mengkonfigurasi Google Play untuk memperbarui semua aplikasi di ponsel Anda secara otomatis.

Sambil melakukannya, pastikan bahwa OS Android Anda memiliki semua pembaruan sistem terbaru.

Aplikasi latar belakang ini adalah fungsi inti OS Android yang memastikan aplikasi berfungsi dengan baik.

Ketika layanan latar belakang ini tidak berfungsi atau usang, ini dapat menyebabkan aplikasi crash.

Kadang-kadang, bahkan ketika Anda berpikir telah menutup aplikasi di perangkat Android Anda, aplikasi tersebut tidak menutup dengan benar dan mungkin tetap berjalan di latar belakang.

Kadang-kadang ketika ini terjadi dan Anda mencoba membuka kembali aplikasi, aplikasi tersebut akan crash. Jika Anda menemukan ini memperbaiki masalah Anda, pastikan Anda tahu cara menutup aplikasi dengan benar di perangkat Android.

Memulai ulang Android Anda adalah cara lain untuk memaksa berhenti aplikasi, tetapi aplikasi tersebut bisa diluncurkan kembali secara otomatis saat startup. Jadi, ada baiknya mengikuti langkah ini dan memastikan aplikasi benar-benar dihentikan.

Seiring waktu, saat Anda menggunakan aplikasi, ia terus menyimpan data ke cache untuk meningkatkan kinerja. Kadang-kadang, data ini bisa korup yang dapat menyebabkan aplikasi crash. Kadang-kadang, membersihkan cache ini secara manual dapat menyelesaikan masalah.

Jika ini tidak berhasil, Anda mungkin perlu masuk ke mode pemulihan Android dan memilih Wipe Cache Partition untuk sepenuhnya menghapus cache sistem.

Hati-hati memilih opsi yang tepat saat masuk ke mode pemulihan Android, karena memilih opsi yang salah bisa membuat perangkat Android Anda tidak dapat digunakan.

Jika aplikasi Anda baru-baru ini diperbarui, ada kemungkinan izin aplikasi kembali ke default di Android Anda. Ini dapat menyebabkan perilaku yang tidak terduga hingga aplikasi benar-benar membeku.

Kembali ke izin aplikasi untuk aplikasi ini dan pastikan bahwa aplikasi tersebut memiliki semua izin yang diperlukan.

Jika Anda tidak yakin izin mana yang diperlukan, berikan semua izin pada aplikasi untuk menguji apakah ini menyelesaikan masalah.

Jika semua upaya gagal, aplikasi itu sendiri mungkin memiliki file yang rusak yang tidak memungkinkan aplikasi berfungsi dengan benar. Coba hapus instalasi dan instal ulang aplikasi.

Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi di Google Play Store lagi (jika itu adalah aplikasi lama yang telah dihapus), Anda mungkin perlu menemukan dan menginstal APK untuk aplikasi tersebut.

Jika semua upaya di atas gagal, ada kemungkinan Anda tidak lagi memiliki ruang penyimpanan yang cukup di Android Anda untuk menjalankan aplikasi dengan baik.

Ada beberapa cara untuk mengosongkan ruang agar aplikasi dapat berjalan kembali. Coba gunakan Android Storage Manager untuk menghapus file yang tidak diperlukan.

Sambil melakukannya, hapus file unduhan lama yang mungkin memakan ruang berlebihan. Coba pindahkan file besar seperti gambar atau film ke kartu SD. Ada juga banyak aplikasi pembersih Android yang dapat mengosongkan ruang.

Hal yang perlu anda perhatikan adalah menjaga agar versi android anda selalu ter-update. Didalam update versi android terdapat beberapa pembaruan yang dapat mengatasi masalah ini.

Banyak kasus bahwa aplikasi crash ketik dibuka yakni versi android mereka yang sudah lama tidak diupdate atau telah uang. Hal ini dapat menyebabkan munculnya error tersebut.

Update versi android dapat membantu memecahkan masalah ini, karena setiap aplikasi akan selalu melakukan update guna memberikan fitur-fitur baru yang mana versi android lama tidak dapat memprosesnya.

Jika Anda benar-benar yakin bahwa aplikasi tersebut seharusnya berjalan dengan baik di versi Android Anda, dan Anda sangat ingin aplikasi tersebut berfungsi kembali, Anda selalu dapat memilih untuk reset pabrik ponsel Android Anda.

Gunakan ini sebagai upaya terakhir, karena Anda harus membuat cadangan Android penuh agar tidak kehilangan file dan kontak penting. Sebagai alternatif, Anda bisa mempertimbangkan untuk mencari aplikasi alternatif yang melakukan hal yang sama tetapi berfungsi dengan baik di ponsel Anda.

Jika Anda telah mencoba semua langkah di atas dan crash masih terjadi, mungkin ada masalah yang lebih serius pada Hp Anda.

Sebaiknya hubungi layanan pelanggan pengembang aplikasi atau bawa perangkat Anda ke service center resmi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *