Software Editing Video

Software Editing Video Terbaik untuk Tahun 2023

Posted by

Software editing video merupakan salah satu perangkat lunak yang paling penting bagi para pembuat konten video. Dengan software ini, mereka dapat mengedit video mereka untuk membuat tampilan yang lebih profesional dan menarik.

Di tahun 2023, ada banyak pilihan software editing video yang tersedia di pasaran. Masing-masing software memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, penting untuk memilih software yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pada artikel ini, kami akan membahas beberapa software editing video terbaik untuk tahun 2023. Kami akan memberikan informasi tentang fitur-fitur, kelebihan, dan kekurangan dari masing-masing software.

Baca Juga Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis Kecil

Software Editing Video untuk Profesional

Software editing video untuk profesional adalah software biasanya menawarkan berbagai fitur dan kemampuan yang lebih canggih daripada software editing video untuk pemula, yang dapat membantu para profesional membuat video yang lebih profesional dan menarik.

Menggunakan fitur yang lebih kompleks dan lebih lengkap, jarang sekali profesional menggunakan preset untuk software ini, kebanyakan software editing profesional jika ingin membuat efek harus buat sendiri dan jarang adanya template preset yang tersedia.

1. Adobe Premiere Pro CC

Premiere Pro merupakan salah satu aplikasi edit video profesional yang menjadi standar industri, dikembangkan oleh Adobe. Aplikasi ini menyediakan berbagai efek, alat pengaturan warna, serta berbagai opsi kolaborasi dan keluaran yang sangat dibutuhkan oleh para profesional.

Dalam pembaruan terbaru, Premiere Pro menambahkan fitur teks otomatis yang mengesankan dan kemampuan untuk mengedit video berdasarkan teks, serta memperkenalkan Manajer Warna yang terpadu dan fitur kolaborasi baru.

Premiere Pro dapat digunakan baik pada sistem operasi macOS maupun Windows.

Namun, Premiere Pro hanya dapat diakses melalui berlangganan, sehingga biaya awalnya relatif rendah, tetapi biaya berlangganannya akan bertambah seiring berjalannya waktu.

  • Windows:
    • Prosesor: Intel Core i5 atau AMD Ryzen 5
    • RAM: 8 GB
    • Penyimpanan: 20 GB
    • Harga: 30$ perbulan
  • macOS:
    • Prosesor: Intel Core i5 atau Apple M1
    • RAM: 8 GB
    • Penyimpanan: 20 GB
    • Harga: 30$ perbulan

Karena kebanyakan editor profesional membutuhkan fitur yang lengkap , seperti color grading yang bisa mengubah setiap elemen warna, dari transisi efek yang bisa dibuat sendiri tanpa template, jadi akan mempermudah editor ingin membuat seperti yang mereka inginkan.

Selain itu, Premiere Pro CC kompatibel dengan berbagai perangkat lain, yang memudahkan Anda untuk bekerja dengan perangkat lain, seperti perangkat Adobe lainnya.

  1. Fitur yang lengkap
  2. Komunitas pengguna yang besar
  3. Kompatibilitas dengan perangkat lain
  4. Dapat mengekspor video Anda ke berbagai format, termasuk HD, 4K, dan 8K.
  5. Memiliki fitur Stabilisasi video
  6. Antarmuka yang jelas dan mudah digunakan
  7. Banyak alat untuk organisasi dan kolaborasi
  8. Responsif dan cepat dalam proses pengeditan dan rendering
  9. Dapat mengelola banyak sudut kamera secara bersamaan
  1. Harga yang terlalu mahal
  2. Antarmuka yang terkadang intimidatif bagi pemula
  3. Beberapa teknik memerlukan penggunaan aplikasi tambahan, seperti After Effects atau Media Encoder
  4. Tidak ada sampel efek suara yang disertakan

2. Apple Final Cut Pro

Apple Final Cut Pro adalah perangkat lunak edit video profesional yang dikembangkan oleh Apple Inc. Ini adalah salah satu alat edit video terkemuka dalam industri film dan televisi. Final Cut Pro dirancang untuk digunakan oleh editor video profesional, pembuat film, dan produser yang ingin menciptakan proyek video berkualitas tinggi dengan beragam alat kreatif dan kemampuan tingkat lanjut.

Perangkat lunak ini memiliki antarmuka yang modern dan fleksibel, serta berbagai fitur, seperti dukungan untuk penyuntingan video 360 derajat, alat pemaskeran otomatis berbasis kecerdasan buatan, dan banyak lagi.

Final Cut Pro juga terintegrasi dengan produk Apple lainnya, seperti Motion dan Compressor, sehingga memungkinkan pengguna untuk membuat efek visual yang canggih dan menghasilkan video berkualitas tinggi.

  • macOS:
    • Prosesor: Intel Core i5 atau Apple M1
    • RAM: 8 GB
    • Penyimpanan: 10 GB
    • Harga: $29,99 per bulan atau $369,99 per tahun.
  • Windows:
    • Tidak tersedia

Final Cut Pro dirancang khusus untuk perangkat keras Apple, sehingga dapat memanfaatkan kinerja dan fitur-fitur canggih dari perangkat keras Apple. Final Cut Pro adalah pilihan yang tepat untuk Anda jika Anda adalah Profesional di bidang film, televisi, atau videografi, Menggunakan perangkat keras Apple, dan Membutuhkan software editing video yang menawarkan fitur dan kemampuan yang canggih

  1. Timeline magnetik tanpa jalur
  2. Alat organisasi superior, termasuk library, ratings, tagging, dan analisis otomatis untuk wajah dan adegan
  3. Dukungan untuk rekaman 360 derajat dan ruang warna luas
  4. Dukungan multicam Kinerja yang cepat
  5. Memiliki Kecepatan karena didukung oleh hardware apple sendiri.
  1. Pengeditan timeline yang tidak konvensional mungkin kurang disukai oleh produser video berpengalaman
  2. Pengalaman impor dan ekspor tidak sebaik Adobe Premiere Pro

3. DaVinci Resolve

DaVinci Resolve, yang merupakan salah satu perangkat lunak unggulan dalam dunia produksi video, adalah suatu solusi lengkap yang menggabungkan kemampuan pengeditan video, gradasi warna, dan pengolahan audio pasca-produksi.

Dikembangkan oleh perusahaan terkemuka, Blackmagic Design, perangkat lunak ini telah mendapatkan pengakuan luas di kalangan profesional di berbagai industri kreatif.

  • Windows:
    • Prosesor: Intel Core i7 atau AMD Ryzen 7
    • RAM: 16 GB
    • Penyimpanan: 10 GB
    • Harga: Gratis dan Berbayar $299,99
  • macOS:
    • Prosesor: Intel Core i7 atau Apple M1 Max
    • RAM: 16 GB
    • Penyimpanan: 10 GB
    • Harga: Gratis dan Berbayar $299,99
  • Linux:
    • Prosesor: Intel Core i7 atau AMD Ryzen 7
    • RAM: 16 GB
    • Penyimpanan: 10 GB
    • Harga: Gratis dan Berbayar $299,99

Davinci Resolve adalah software editing video profesional kelas atas yang, meskipun tidak mudah digunakan, memiliki versi gratis dengan semua fitur, sehingga menarik bagi amatir maupun profesional.

Alur kerja pengeditan berbasis node menawarkan kontrol efek yang luar biasa, dan perangkat lunak ini dilengkapi dengan berbagai fitur keyframing, gradasi warna, dan alat audio.

Proyek video dapat dirender dengan kecepatan terdepan dalam kategorinya (selama Anda memilih pengkodean GPU perangkat keras), dan perusahaan ini juga membuat kamera, konsol, dan perangkat keras lainnya yang terintegrasi dengan mulus dengan perangkat lunak ini.

  1. Banyak alat pengeditan untuk kontrol yang tepat
  2. Antarmuka yang jelas dan dirancang dengan baik
  3. Termasuk grafik bergerak dan pengeditan audio
  4. Kinerja render cepat
  5. Alat Color Grading yang lebih lengkap daripada software editing lain
  1. Sangat sulit untuk dipelajari
  2. Harga sangat malah
  3. Aplikasi edit video yang sangat berat

4. Sony Vegas pro

Sony Vegas Pro adalah salah satu perangkat lunak penyuntingan video profesional terdepan yang telah mengukir namanya dalam industri produksi video.

Dikembangkan oleh Sony Creative Software, perangkat lunak ini telah menjadi rujukan utama bagi para profesional di berbagai sektor industri kreatif.

Dengan kompatibilitas eksklusif untuk platform Windows, Sony Vegas Pro memamerkan beragam fitur dan kemampuan canggih yang menjadikannya andalan dalam dunia film, televisi, dan videografi.

Salah satu karakteristik paling mencolok dari Sony Vegas Pro adalah kemudahan penggunaan yang dimilikinya.

Meskipun menawarkan berbagai kemampuan canggih, antarmuka perangkat lunak ini dirancang dengan baik dan mudah dipahami. Hal ini membuatnya ideal bagi berbagai tingkat pengguna, dari pemula hingga profesional berpengalaman.

Para pengguna yang baru memasuki dunia penyuntingan video akan menemukan perangkat lunak ini sangat bersahabat, sementara para profesional akan diuntungkan dari kecepatan kerjanya yang tinggi dan fleksibilitas yang luar biasa.

Salah satu fitur utama dari Sony Vegas Pro adalah timeline penyuntingan yang kuat. Ini memberikan pengguna kebebasan untuk mengatur klip video dan audio secara bebas, memotong, menggabungkan, dan menyusunnya sesuai keinginan.

  • Windows:
    • Prosesor: Intel Core i5 atau AMD Ryzen 5
    • RAM: 8 GB
    • Penyimpanan: 10 GB
    • Harga: $29,99 per bulan atau $299,99 per tahun.

Software ini profesional di bidang film, televisi, atau videografi. Bagi anda yang membutuhkan software editing video yang menawarkan fitur dan kemampuan yang canggih dan mencari software yang kompatibel dengan perangkat keras dan perangkat lunak lain.

  1. Fitur mudah digunakan
  2. Sony Vegas Pro kompatibel dengan perangkat keras dan perangkat lunak lain, seperti Sony Alpha DSLR dan Sony Cinema Camera.
  3. Lebih user friendly dibanding Adobe Premiere Pro dan DaVinci Resolve
  1. Harga yang mahal
  2. Hanya tersedia di Windows
  3. Tidak rekomended untuk bikin Film yang membutuhkan banyak efek.

5. Blender

Blender, sebuah perangkat lunak 3D open source yang memikat, telah membuktikan diri sebagai salah satu alat terbaik di industri kreatif.

Dikembangkan oleh Blender Foundation, perangkat lunak ini menghadirkan beragam fitur dan kemampuan canggih yang mengundang decak kagum, menjadikannya favorit di kalangan para profesional di berbagai sektor, termasuk animasi, efek visual, dan pengembangan game.

Salah satu hal yang membedakan Blender adalah statusnya sebagai perangkat lunak open source. Artinya, siapa pun dapat mengakses dan menggunakan Blender tanpa biaya, dan ini berarti komunitas pengguna yang besar telah berkembang di sekitar perangkat lunak ini.

Kolaborasi antara pengguna telah menghasilkan pertumbuhan pesat dalam fitur dan perbaikan.

Blender tersedia untuk berbagai platform, termasuk Windows, macOS, dan Linux, membuatnya mudah diakses oleh sebagian besar pengguna.

Antarmuka pengguna Blender yang intuitif memudahkan pengguna untuk mulai bekerja dengan cepat. Bahkan bagi mereka yang baru mengenal dunia 3D, Blender memberikan panduan yang kuat untuk memulai.

  • Windows:
    • Prosesor: Intel Core i5 atau AMD Ryzen 5
    • RAM: 8 GB
    • Penyimpanan: 10 GB
    • Harga: Gratis
  • macOS:
    • Prosesor: Intel Core i5 atau Apple M1
    • RAM: 8 GB
    • Penyimpanan: 10 GB
    • Harga: Gratis
  • Linux:
    • Prosesor: Intel Core i5 atau AMD Ryzen 5
    • RAM: 8 GB
    • Penyimpanan: 10 GB
    • Harga: Gratis

Software yang profesional di bidang animasi, visual efek, atau game development dan bagi kalian yang membutuhkan software 3D yang menawarkan fitur dan kemampuan yang canggih ini adalah software yang tepat. Selain itu, software yang kompatibel dengan berbagai platform Mencari software yang gratis dan open source

  1. Modelling 3D
  2. Animasi 3D
  3. Simulasi 3D
  4. Render 3D
  5. Gratis dan open source
  6. Membuat animasi, visual efek, dan game model
  7. Bisa hubungkan ke software editing lain
  1. Aplikasi yang sudah untuk dipelajari
  2. Membutuhkan pengetahuan yang lebih tentang 3D model
  3. Membutuhkan Performa PC High End

Baca Juga Algoritma Youtube Shorts 2023 : Penjelasan Lengkap

Software Editing Video untuk Pemula

Software editing pemula adalah perangkat lunak edit video yang memiliki antarmuka yang lebih sederhana dan ramah pengguna.

Ini memudahkan pemula untuk memahami cara menggunakannya.

Software ini cenderung memiliki fitur yang lebih terbatas dibandingkan dengan software editing untuk profesional. Mereka mungkin hanya memiliki dasar-dasar seperti pemotongan, penambahan teks, dan transisi sederhana.

Mayoritas perangkat lunak editing video untuk pemula tersedia dengan harga terjangkau atau bahkan gratis. Ini adalah pilihan yang baik bagi mereka yang baru memulai editing dan ingin menghemat uang.

Kebanyakan software editing ini memiliki template atau preset dalam proses mengedit video, jadi pengguna tidak perlu membuat sendiri efek-efek, atau color grading yang susah.

Kontrol yang lebih terbatas atas proyek-proyek video mereka. Ini bisa membuatnya lebih mudah digunakan, tetapi juga membatasi kreativitas.

1. Filmora

Filmora adalah perangkat lunak editing video yang dirancang untuk pengguna yang ingin membuat dan mengedit video dengan mudah. Ini memiliki antarmuka yang ramah pengguna dan berbagai fitur yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan video mereka.

Filmora sangat cocok untuk pemula. Ini tersedia dalam versi gratis dengan watermark pada video hasil akhir, serta dalam versi berbayar tanpa watermark.

  • Windows:
    • Prosesor: Intel Core i3 atau AMD Athlon II X2
    • RAM: 4 GB
    • Penyimpanan: 10 GB
    • Harga: mulai dari 10$ perbulan
  • macOS:
    • Prosesor: Intel Core i5 atau Apple M1
    • RAM: 8 GB
    • Penyimpanan: 10 GB
    • Harga: mulai dari 10$ perbulan

Filmora memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan. Ini berarti Anda dapat mulai membuat video dengan cepat dan mudah, tanpa perlu mempelajari banyak hal.Filmora menawarkan berbagai fitur dan kemampuan yang canggih, yang dapat membantu Anda membuat video yang lebih profesional dan menarik.Filmora menawarkan berbagai opsi harga, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  1. Mudah digunakan
  2. Timeline multi-track
  3. Harga yang terjangkau untuk profesional
  4. Efek dan transisi
  5. Stabilisasi video
  6. Color grading
  7. Animasi
  8. Exporting ke berbagai format
  1. Software editing berat
  2. Butuh waktu untuk mempelajari
  3. Terdapat watermark di akhir video

2. Apple iMovie

iMovie adalah software editing video gratis yang dikembangkan oleh Apple Inc. Software ini tersedia untuk macOS dan iOS. iMovie dirancang untuk tingkat lanjut, dengan fitur dan kemampuan yang mudah digunakan dan canggih.

Ini adalah aplikasi edit video yang cocok untuk pemula dan pengguna yang ingin membuat video berkualitas tinggi dengan mudah. iMovie menawarkan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan, serta beragam alat penyuntingan video yang memungkinkan Anda untuk menggabungkan klip video, menambahkan efek visual, suara, dan musik, serta membuat proyek video yang menarik.

Aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur canggih seperti chroma-keying, picture-in-picture, dan filter audio. iMovie sangat cocok digunakan untuk membuat video keluarga, presentasi, vlog, atau proyek kreatif lainnya. Salah satu kelemahannya adalah bahwa iMovie hanya tersedia untuk pengguna perangkat keras Apple.

  • macOS:
    • Prosesor: Intel Core i3 atau lebih baru
    • RAM: 4 GB
    • Penyimpanan: 10 GB
    • Harga: Gratis
  • iOS:
    • iPhone 5 atau lebih baru
    • iPad 3 atau lebih baru
    • iPad mini 2 atau lebih baru
    • Harga: Gratis

Kesederhanaan bergabung dengan sejumlah besar alat penyuntingan video dalam aplikasi entry-level Apple ini. Kami menyukai fitur-fitur Storyboards yang baru yang membantu orang membuat film digital yang menarik, daripada hanya mengandalkan kemampuan mereka sendiri. Anda juga mendapatkan beberapa alat canggih seperti chroma-keying, picture-in-picture, dan filter audio. Peralihan dari iMovie ke Final Cut Pro membuatnya menjadi transisi yang mulus juga.

  1. Antarmuka yang sangat sederhana
  2. Cocok warna untuk tampilan film yang konsisten
  3. Tema yang elegan
  4. Alat chroma-keying yang bagus
  5. Banyak alat audio
  6. Template film yang sangat baik
  1. Demi kesederhanaan, beberapa kontrol yang berguna hilang
  2. Tidak mendukung penandaan
  3. Tidak memiliki kemampuan multicam atau pelacakan gerakan
  4. Terbatas pada dua trek video
  5. Tidak ada penyuntingan video 360 derajat

3. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker, produk editing video gratis dari Microsoft, telah menjadi teman setia bagi banyak pemula dalam dunia editing video.

Dengan antarmuka yang mudah digunakan dan beragam fitur yang ramah pemula, Windows Movie Maker memberikan kesempatan kepada siapa pun untuk memasuki dunia editing video dengan percaya diri.

Salah satu aspek yang paling menarik dari Windows Movie Maker adalah ketersediaannya secara gratis. Ini berarti bahwa Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk memulai perjalanan Anda dalam editing video.

Terutama bagi mereka yang baru memulai atau hanya perlu melakukan sedikit editing video, Windows Movie Maker adalah pilihan yang ideal.

Antarmuka pengguna Windows Movie Maker sangat intuitif. Dalam waktu singkat, Anda akan dapat menguasai dasar-dasar editing video, seperti memotong klip, menggabungkan video, menambahkan teks, dan memasukkan musik latar.

Dengan panduan yang kuat dan antarmuka yang bersahabat, Anda tidak perlu khawatir tentang kesulitan teknis.

  • Windows:
    • Prosesor: Intel Pentium 4 atau AMD Athlon XP
    • RAM: 1 GB
    • Penyimpanan: 2 GB

Windows Movie Maker adalah pilihan yang tepat untuk Anda jika Anda: Pemula yang ingin belajar mengedit video, mencari software editing video yang mudah digunakan, dan tidak membutuhkan fitur yang terlalu kompleks

  1. Software editing gratis
  2. mudah digunakan
  3. Ukuran yang ringan
  4. Tidak membutuhkan spesifikasi laptop tinggi
  5. Tampilan sederhana
  1. Fitur kurang kompleks, seperti color grading
  2. Animasi kurang kompleks
  3. Efek dan transisi tidak kompleks
  4. Tidak cocok untuk membuat film

Tips Memilih Software Editing Video Profesional

Cek Spesifikasi Komputer anda

Software editing video profesional dapat menghabiskan banyak sumber daya komputer. Disarankan untuk memeriksa spesifikasi komputer dan persyaratan sistem dari software editing profesional yang ingin Anda beli.

Untuk mendapatkan pengalaman penuh dalam editing video profesional, komputer Anda sebaiknya memiliki spesifikasi yang lebih tinggi daripada hanya memenuhi persyaratan minimum.

Mencari tau Bagaimana Cara Mahir Menggunakan Software Editing Video Profesional

Jika Anda memiliki pengalaman editing video yang terbatas dan ingin menjadi editor video profesional, disarankan untuk menghabiskan waktu dalam proses editing dan mengambil pelatihan atau kursus untuk menguasainya.

Anda dapat menemukan banyak tutorial tentang Adobe Premiere Pro, Adobe After Effects, dan Final Cut Pro X di YouTube. Atau, Anda dapat mengikuti kursus online di situs seperti Udemy atau Lynda. Jika Anda ingin meyakinkan orang bahwa Anda adalah seorang editor video profesional, disarankan untuk mengikuti sertifikasi.

Seperti yang mungkin Anda ketahui, baik Adobe maupun Apple menyediakan ujian sertifikasi resmi. Sebuah sertifikasi akan lebih meyakinkan ketika orang meragukan kemampuan editing Anda.

Perhatikan hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menggunakan Editor Video Profesional

Jika Anda sampai pada bagian ini, Anda dapat bertanya pada diri sendiri, ‘apa yang membuat saya tertarik memilih editor video pro? Apakah karena saya melihat YouTuber profesional lain menggunakannya? Apakah saya memiliki waktu untuk belajar editor video profesional ini?’ Jika demikian, Anda harus mempertimbangkan harga yang Anda bayar dan apakah fitur dan fungsi mewah tersebut benar-benar dibutuhkan.

Dengan kurva pembelajaran yang sangat rendah dan antarmuka yang ramah pengguna, Filmora dapat mengatasi sebagian besar kebutuhan editing video Anda hanya dengan biaya $49,99 per tahun.

Dengan Filmora, Anda tidak perlu menghabiskan waktu pada panduan yang membosankan, dan Anda dapat langsung melakukan editing video karena semuanya dirancang untuk tujuan ini.

FAQ tentang Software Editing Video Profesional

Apa software yang digunakan oleh editor video profesional?

Banyak orang bertanya tentang software yang digunakan oleh editor video profesional. Sebenarnya, editor profesional menggunakan berbagai alat untuk meningkatkan efisiensi editing video mereka.

Untuk editing audio, mereka menggunakan Adobe Audition. Color grading, banyak orang memilih Final Cut Pro. Untuk alur kerja editing video, mereka juga menggunakan Premiere Pro dan Lightworks. Untuk para pengguna semi-profesional, mereka menggunakan Filmora untuk mempercepat proses editing video.

Software Editing Video untuk YouTuber apa?

Kebanyakan YouTuber menyukai software editing video yang mudah digunakan untuk membuat video YouTube mereka.

Mereka memilih Filmora untuk menambahkan lebih dari 300 efek bawaan, intros, teks, dan transisi.

Sebagian YouTuber dengan keterampilan editing video yang lebih tinggi cenderung menggunakan Premiere Pro.

Software editing video terbaik untuk pemula apa?

Bagi pemula, kriteria terpenting yang perlu Anda pertimbangkan adalah kesederhanaan dan harga. Mereka suka menggunakan Filmora, Movavi, Powerdirector, dan iMovie di PC mereka. Untuk editing video di perangkat seluler, mereka suka menggunakan LumaFusion, KineMaster, dan Apple Clips.

Apakah Adobe Premiere Pro gratis?

Tidak, itu tidak gratis. Adobe Premiere Pro memiliki 3 paket harga yang berbeda. Paket tahunan, dibayar bulanan seharga $20,99/bulan. Rencana tahunan, dibayar sekaligus seharga $239,98/tahun. Rencana bulanan, seharga $31,48/bulan.

Rekomendasi Video Editing untuk TIktok apa ?

Kebanyakan tiktokter mengedit video mereka menggunakan CapCut. CapCut adalah aplikasi editing video gratis yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS. CapCut menawarkan berbagai fitur yang mudah digunakan, termasuk efek, transisi, dan musik.

Itulah kenapa jika kalian membuka tiktok selalu ada tulisan “gunakan efek ini di CapCut” itu karena kebanyakan warga tiktok menggunakan CapCut.

Software Editing apa yang digunakan Vlogger?

Eekomendasi software editing video untuk vlogger adalah iMovie. iMovie adalah software editing video gratis yang dikembangkan oleh Apple. Software ini tersedia untuk macOS dan iOS. iMovie memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, bahkan untuk pemula dan vlogger yang tidak membutukan banyak efek visual

Kesimpulan

Kami berharap daftar ini akan membantu Anda membuat pilihan yang tepat saat berinvestasi dalam software editing video profesional.

Meskipun ini bukan daftar yang lengkap, kami bertujuan untuk merangkum informasi tentang software editing video profesional untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat saat membeli alat kerja Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *