cara Mengenali Gambar AI

4 Cara Mengenali Gambar yang Dihasilkan oleh AI

Posted by

Membedakan antara gambar yang dihasilkan oleh AI dan yang asli semakin sulit. Namun, ada beberapa trik yang bisa Anda coba.

Saat ini, sulit untuk membedakan mana yang dibuat oleh AI dan mana yang tidak—karena sebagian besar berkat sekelompok pembuat gambar AI yang luar biasa seperti DALL-E, Midjourney, dan Stable Diffusion. Tetapi ada cara untuk melakukannya.

Mirip dengan mengidentifikasi gambar yang telah di-Photoshop, Anda dapat mempelajari tanda-tanda yang mengidentifikasi sebuah gambar AI.

Biasanya, gambar-gambar ini memiliki distorsi visual yang aneh yang bisa Anda pelajari untuk dikenali.
Dan kadang-kadang, penggunaan AI jelas-jelas disebutkan dalam deskripsi gambar, jadi selalu sebaiknya Anda memeriksanya.
Jika semua cara lain tidak berhasil, Anda bisa mencoba menjalankan gambar tersebut melalui detektor gambar AI.

Lihat Judul, Deskripsi, Bagian Komentar (dan juga Tag) pada Gambar

Tidak semua orang setuju bahwa Anda harus mengungkapkan penggunaan AI saat memposting gambar, tetapi bagi yang memilih melakukannya, informasi tersebut akan tertera dalam judul atau deskripsi postingan.

Cara lain untuk mencarinya adalah melalui bagian komentar, di mana pengarang mungkin telah menyebutkannya.

Sebagai contoh pada gambar-gambar di atas, prompt lengkap yang digunakan untuk menghasilkan karya seni diposting, yang bermanfaat bagi siapa pun yang ingin mencoba ide prompt seni AI yang berbeda.

Selain judul, deskripsi, dan komentar, Anda juga dapat melihat halaman profil mereka untuk mencari petunjuk.

Kata kunci seperti Midjourney atau DALL-E, nama-nama dua pembuat seni AI terkenal, sudah cukup memberi tahu Anda bahwa gambar yang Anda lihat mungkin dihasilkan oleh AI.

Beberapa komunitas seni online seperti DeviantArt telah menyesuaikan diri dengan banyaknya gambar yang dihasilkan oleh AI dengan membuat kategori khusus hanya untuk seni AI.

Saat menjelajahi situs-situs semacam itu, Anda juga akan ingin memeriksa tag yang digunakan oleh pengarang untuk mengklasifikasikan gambar tersebut

Ini juga berlaku untuk platform media sosial seperti Instagram atau X (dahulu Twitter),
di mana sebuah gambar mungkin diberi label dengan menggunakan hashtag seperti AI, Midjourney, Dall-E, dan lain sebagainya.

Periksa Watermark Gambar

Mengenali Gambar AI

Indikator penting lainnya untuk mengidentifikasi gambar yang dihasilkan oleh AI adalah dengan mencari tanda air. DALL-E 2 menempatkannya pada setiap gambar yang Anda unduh dari situsnya, meskipun pada awalnya mungkin tidak begitu terlihat.

Bisakah Anda menemukan tanda air tersebut dalam gambar di atas?

Tanda air ini dapat ditemukan di sudut kanan bawah gambar, terdiri dari lima kotak berwarna kuning, biru muda, hijau, merah, dan biru.

Jika Anda melihat tanda air ini pada gambar yang Anda temui, maka Anda dapat pastikan bahwa gambar tersebut dibuat menggunakan AI.

Tantangannya adalah, sangat mudah untuk mengunduh gambar yang sama tanpa tanda air jika Anda tahu caranya, dan melakukan hal ini tidak bertentangan dengan kebijakan OpenAI.

Asalkan Anda “tidak menyesatkan orang lain tentang sifat pekerjaan itu”. Misalnya, dengan memberi tahu mereka bahwa Anda yang membuatnya, atau bahwa itu adalah foto dari peristiwa dunia nyata.

Di luar ini, panduan OpenAI mengizinkan Anda untuk menghapus tanda air tersebut.

Di sisi lain, Midjourney, tidak menggunakan tanda air sama sekali, sehingga terserah pengguna untuk memutuskan apakah mereka ingin memberikan kredit kepada AI dalam gambar mereka.

Mencari Tanda Distorsi yang Disebabkan oleh AI dalam Gambar

Gambar yang Dihasilkan oleh AI
Gambar yang Dihasilkan oleh AI

Anda mungkin tidak segera menyadarinya, tetapi gambar yang dihasilkan oleh AI seringkali memiliki beberapa tanda visual aneh yang lebih mencolok saat Anda mengamati dengan lebih teliti.

Dari kejauhan, gambar di atas menunjukkan seseorang yang sedang menatap langit, tetapi jika anda liat lebih dekat

Anda akan menyadari bahwa wajah orang tersebut hilang atau disensor dan terlihat seperti kotor dan dihapus.

Efeknya serupa dengan lukisan impresionis, yang terbuat dari sapuan cat pendek yang menangkap inti dari sebuah subjek.

Mereka terlihat paling baik dari jarak jika Anda ingin mendapatkan gambaran tentang apa yang terjadi dalam adegan tersebut, dan hal yang sama berlaku untuk beberapa seni yang dihasilkan oleh AI.

Biasanya, detail-detail yang lebih haluslah yang mengungkapkan bahwa itu adalah gambar yang dihasilkan oleh AI, dan hal tersebut juga berlaku untuk manusia.

Luangkan waktu untuk melihat dengan lebih teliti wajah yang dihasilkan oleh AI di atas, sebagai contoh, yang diambil dari situs web “This Person Does Not Exist” .

Apa anda menemukan hal aneh? Ini mungkin bisa menipu hampir siapa pun untuk berpikir bahwa itu adalah foto nyata seseorang, kecuali bagian yang hilang dari muka dan cara aneh di mana wajah tersebut tampak menyatu dengan baju yang dikenakan.

Meskipun keanehan-keanehan ini mungkin akan hilang seiring dengan peningkatan sistem AI, kita masih bisa tertawa mengenai alasan mengapa generator seni AI terbaik kesulitan dalam menggambar tangan.

Cukup lihat sebentar betapa buruknya AI dalam menggambarkan tangan dan wajah manusia, dan tidak sulit untuk melihat mengapa.

Jari-jari tambahan adalah petunjuk pasti, tetapi ada juga hal lain yang perlu diperhatikan.
Ini bisa menjadi sudut tangan atau cara tangan berinteraksi dengan subjek dalam gambar, tetapi terlihat dengan jelas tidak alami dan tidak menyerupai manusia sama sekali.
Ketika datang ke gambar fotorealistik manusia, ada beberapa tanda AI lain yang dapat Anda cari:

  1. Anting-anting yang hilang atau tidak cocok
  2. Latar belakang yang blur dan terlihat seperti tekstur
  3. Teks di latar belakang yang tidak dapat dibedakan atau tidak masuk akal
  4. Asimetri pada wajah (gigi yang tidak berada di tengah, ukuran mata yang berbeda)
  5. Bagian-bagian foto yang terlihat seperti telah diwarnai
  6. Objek seperti kacamata atau anting-anting yang menyatu dengan kulit
  7. Tangan yang memiliki jari-jari tambahan atau terlihat kaku dan tidak alami.

Terkadang, bahkan ketika mencari tanda-tanda AI ini, sulit sekali membedakan perbedaannya, dan Anda mungkin harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk melatih diri Anda sendiri agar bisa mengenali media palsu.

Manfaatkan alat pendeteksi gambar AI

Sebagian orang melihat peluang untuk mengatasi masalah mengidentifikasi asal usul gambar. Ketika kita mulai mempertanyakan lebih banyak hal yang kita lihat di internet, bisnis seperti Optic menawarkan alat web yang nyaman yang bisa Anda gunakan.

Alat web AI atau Tidak memungkinkan Anda mengunggah gambar dan dengan cepat memeriksa apakah gambar tersebut dibuat dengan menggunakan AI.

Alat ini mengklaim dapat mendeteksi gambar dari pembuat seni AI terbesar seperti Midjourney, DALL-E, dan Stable Diffusion.

Namun, hasilnya tidak selalu 100% akurat. Dalam uji coba kami, alat ini memang lebih baik daripada alat serupa sebelumnya.

Tetapi juga menghasilkan banyak analisis yang salah, sehingga tidak jauh lebih baik dari sekadar tebakan.

Karena hasilnya tidak dapat diandalkan, sebaiknya gunakan alat ini bersama dengan metode lain untuk menguji apakah suatu gambar dihasilkan oleh AI.

Alasan mengapa kami menyebutkan detektor gambar AI, seperti ini, adalah bahwa kemungkinan perkembangan lebih lanjut akan menghasilkan aplikasi yang jauh lebih akurat di masa mendatang. Oleh karena itu, disarankan untuk terus mengikuti perkembangannya.

Dengan perlahan tapi pasti, terjadi kemajuan yang terus berlangsung. Ketika Microsoft merilis alat deteksi deep fake, tanda-tanda positif menunjukkan bahwa lebih banyak perusahaan besar akan menyediakan alat yang mudah digunakan untuk mendeteksi gambar AI.

Apa yang Harus Diharapkan di Masa Depan terharap Gambar yang dihasilkan oleh AI?

Tanpa keraguan, kemampuan generator AI akan meningkat di tahun-tahun mendatang, hingga mencapai titik di mana gambar-gambar AI akan terlihat sangat meyakinkan sehingga kita tidak akan dapat mengidentifikasinya hanya dengan pandangan mata.

Pada saat tersebut, kita tidak akan dapat mengandalkan perbedaan visual untuk membedakan gambar-gambar tersebut.

Semoga, pada saat itu, kita tidak akan memerlukan hal tersebut karena akan ada aplikasi atau situs web yang dapat melakukan pemeriksaan untuk kita, serupa dengan cara kita sekarang dapat melakukan pencarian gambar terbalik.

Sementara itu, mereka yang menggunakan AI untuk membuat gambar sebaiknya mengikuti rekomendasi dari OpenAI dan jujur tentang penggunaan AI tersebut.

Ini adalah saran yang baik dan hanya memerlukan waktu sebentar untuk diungkapkan dalam judul atau deskripsi postingan. Atau minimalnya, hindari menyesatkan orang lain dengan mengklaim bahwa Anda menciptakan suatu karya seni ketika sebenarnya dibuat menggunakan DALL-E, Midjourney, atau generator teks-ke-seni AI lainnya.

Baca Juga Apakah ChatGPT Plagiarism:Copas dari GPT Terkena Plagiarism?

Kesimpulan

Gambar-gambar AI semakin canggih setiap hari, sehingga mengidentifikasi apakah sebuah karya seni dibuat oleh komputer memerlukan beberapa pekerjaan detektif.

Periksa judul, deskripsi, komentar, dan tag untuk mencari tahu apakah ada pembahasan tentang AI, kemudian perhatikan lebih dekat gambar tersebut untuk mencari tanda air atau distorsi AI yang aneh. Itulah cara membedakan gambar AI.

Anda selalu bisa menjalankan gambar melalui alat detektor gambar AI, tetapi berhati-hatilah dengan hasilnya karena alat-alat ini masih dalam tahap pengembangan menuju hasil yang lebih akurat dan dapat diandalkan.

Pada akhirnya, menggabungkan beberapa metode ini adalah cara terbaik untuk menentukan apakah Anda sedang melihat gambar yang dihasilkan oleh AI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *