Secure Delete di windows

Cara Menambahkan “Secure Delete” ke Windows Context Menu

Posted by

Orang-orang yang memiliki pengetahuan tertentu dapat memulihkan file-file meskipun sudah dihapus melalui Recycle Bin.

Microsoft memiliki utilitas bernama SDelete yang bisa digunakan untuk menghapus file secara permanen sehingga tidak dapat dipulihkan. Namun, penggunaan SDelete tidak disarankan jika Anda perlu menggunakannya secara berulang atau jika merasa kurang nyaman dengan utilitas yang agak rumit.

Sebagai alternatif, Anda dapat memanfaatkan SDeleteGUI, sebuah aplikasi sederhana yang menambahkan opsi Hapus Aman ke dalam Menu Konteks Windows. Mari kita jelajahi cara penggunaannya.

Baca Juga Cara Mengatasi “Sorry, you have been blocked” di ChatGPT

Apa Itu SDelete dari Microsoft Sysinternals?

Microsoft Sysinternals’ SDelete merupakan serangkaian utilitas Windows gratis yang dapat membantu Anda mengelola, menyelesaikan masalah, dan mendiagnosis sistem dan aplikasi Anda.

SDelete adalah salah satu utilitas Sysinternals dan merupakan alat penghapus aman yang sesuai dengan Departemen Pertahanan.

Anda dapat menggunakan SDelete untuk menghapus file secara permanen, dan setelah dihapus, mereka tidak dapat dipulihkan melalui perangkat lunak gratis atau berbayar.

Sayangnya, SDelete adalah utilitas berbasis baris perintah dan dapat agak rumit jika Anda belum pernah menggunakan Command Prompt atau CMD di Windows. Atau mungkin, Anda tidak ingin mencoba-coba dengan file sistem internal.

Menggunakan SDelete juga merupakan proses yang memakan waktu dan tidak akan memungkinkan jika Anda perlu menghapus file secara permanen beberapa kali.

Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan SDelete GUI untuk dengan mudah menghapus file secara permanen dengan menambahkan opsi Hapus Aman ke Menu Konteks Windows.

Cara Mengatur SDelete GUI

SDelete GUI adalah aplikasi sederhana yang memungkinkan Anda menambahkan, mengonfigurasi, dan menghapus opsi “Secure Delete” dalam menu konteks Windows dari file atau folder yang dipilih.

SDelete GUI bekerja dengan cara pertama-tama mengunduh utilitas SDelete dari Microsoft Sysinternals ke PC Anda.

Ini menggunakan algoritma yang sesuai dengan Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk menjalankan penghapusan file atau folder di Windows.

Berikut adalah cara mengaturnya:

  1. Unduh file SDelete-Gui.exe dari halaman GitHub-nya.
  2. Klik dua kali file SDelete-Gui.exe dan klik “Yes” pada peringatan UAC yang muncul.
  3. Jendela konfigurasi SDelete GUI akan muncul di layar. File-file SDelete dari Sysinternals juga akan diunduh, tetapi jika untuk alasan tertentu ini tidak terjadi, Anda dapat mengunduh file SDelete dari halaman unduh SDelete Sysinternals.

Cara Menambahkan Opsi “Secure Delete” ke Menu Konteks Menggunakan SDelete GUI

  1. Unduh dan instal SDelete GUI dari situs web GitHub.
  2. Klik file SDelete-Gui.exe yang telah Anda unduh.
  3. Klik tombol “Ya” pada prompt UAC yang muncul.
  4. Jendela konfigurasi SDelete GUI akan terbuka.
  5. Pada bagian “Delete Options“, pilih jumlah pass yang ingin Anda gunakan untuk menghapus file. Semakin banyak pass yang Anda gunakan, semakin sulit untuk memulihkan data yang dihapus.
  6. Klik tombol “OK” untuk menyimpan pengaturan Anda.
  7. Sekarang, Anda dapat menghapus file secara aman dengan mengklik kanan file tersebut dan memilih “Secure Delete” dari menu konteks.

Note: SDelete GUI tidak menampilkan dialog konfirmasi atau peringatan saat Anda mengklik “Secure Delete” dalam menu konteks. Setelah “Secure Delete” diklik, Anda tidak akan dapat mengembalikan file yang telah dihapus.

Cara Menghapus Pilihan “Secure Delete” Dari Menu Klik Kanan Menggunakan SDelete GUI

Jika Anda tidak akan menggunakan aplikasi SDelete GUI untuk sementara waktu atau ingin menghapus opsi “Secure Delete” dari menu klik kanan, cukup klik tombol Nonaktifkan dan tutup jendela konfigurasi.

Kemudian klik kanan pada file apa pun untuk memeriksa menu. Anda akan melihat bahwa opsi Hapus Aman sudah tidak ada lagi.

Cara Buat File yang Dihapus Tidak Dapat Dipulihkan Hanya dengan Dua Klik di Windows

Memang, SDelete GUI yang berfungsi sebagai Antarmuka Pengguna Grafis untuk SDelete dari SysInternals adalah alat yang praktis dan menghemat waktu.

Tidak perlu belajar cara menggunakan CMD untuk menghapus file Anda dengan aman.

Dengan SDelete GUI yang terpasang, klik kanan pada file atau folder apa pun dan hapus secara permanen hanya dengan satu klik opsi Hapus Aman.

Kesimpulan

Opsi “Secure Delete” di windows akan menghapus file secara permanen dengan menulis data acak ke disk. Ini membuat file tidak dapat dipulihkan dengan menggunakan perangkat lunak pemulihan data.

SDelete GUI adalah alat yang berguna untuk memastikan bahwa data sensitif Anda dihapus secara permanen.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *