Metamask vs Phantom

Metamask vs Phantom: Wallet Mana yang Lebih Mudah?

Posted by

Metamask dan Phantom adalah dua dari wallet ekstensi browser yang paling populer di dunia kripto. Jika Anda bingung memilih di antara keduanya, Anda tidak sendirian.

Mari kita bandingkan kedua wallet ini untuk membantu Anda memutuskan mana yang lebih cocok untuk Anda. Kami akan membandingkan fitur-fitur utama dari kedua wallet ini dan mencapai kesimpulan tentang yang mana yang lebih baik.

Metamask adalah wallet ekstensi browser yang utamanya dibangun untuk berinteraksi dengan blockchain Ethereum. Wallet ini telah menjadi sangat populer selama bertahun-tahun, terutama sejak munculnya keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan pertukaran terdesentralisasi (DEX).

Anda dapat menggunakannya untuk membeli, menjual, menukarkan, mengirim, menerima, dan menyimpan token berbasis Ethereum. Ini juga digunakan untuk berinteraksi dengan Aplikasi Terdesentralisasi (DApps) dan dapat digunakan untuk membeli dan menjual NFT di blockchain.

Jika Anda baru mengenal Metamask, penting untuk Anda mempelajari lebih lanjut tentang apa itu Metamask dan bagaimana memulai menggunakannya.

Sementara itu, Phantom adalah wallet ekstensi browser yang berbasis Solana dan digunakan untuk berinteraksi dengan Solana DApps, smart contract, dan token Solana.

Phantom dibuat khusus untuk digunakan di Solana dan hanya mendukung token berbasis Solana.

Anda dapat mengakses wallet ini menggunakan browser utama seperti Chrome, Firefox, Brave, dan Edge. Phantom juga memiliki aplikasi mobile yang dapat Anda gunakan untuk mengakses layanan yang sama dengan ekstensi browser.

Anda juga dapat memilih untuk menyinkronkan wallet sehingga apa yang Anda lakukan di salah satu akan tercermin di yang lain.

Phantom memiliki antarmuka pengguna yang sederhana sehingga bahkan pemula sekalipun dapat menggunakannya untuk berinteraksi dengan blockchain Solana.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menghubungkan wallet ke situs web mana pun yang ingin Anda gunakan, misalnya, DEX, dan Anda siap digunakan.

FiturMetamaskPhantom
TampilanSederhana dan minimalisModern dan intuitif
Bagian3 Bagian4 Bagian
InformasiSaldo, token yang didukung, dan jaringan yang terhubungSaldo, token yang didukung, jaringan yang terhubung, daftar token, daftar transaksi, dan menu
KeseluruhanLebih mudah digunakan, tetapi kurang fiturLebih kompleks, tetapi memiliki lebih banyak fitur

Tampilan Metamask

MetaMask memiliki tampilan yang lebih sederhana dan minimalis.

Tampilannya dibagi menjadi tiga bagian utama yaitu bagian atas menampilkan informasi tentang dompet, seperti saldo, token yang didukung, dan jaringan yang terhubung.

Pada bagian tengah menampilkan daftar token yang dimiliki pengguna.

Dibagian bawah menampilkan daftar transaksi yang dilakukan pengguna.

perbedaan metamask dan phantom

Seperti yang telah disebutkan, pengalaman pengguna dalam menggunakan dompet kripto dapat berdampak signifikan pada kenyamanan dan efisiensi Anda dalam berinteraksi dengan blockchain.

Setelah Anda menginstal Metamask sebagai ekstensi di browser web Anda, Anda hanya perlu membuat kata sandi untuk mengamankan akses ke dompet Anda.

Tidak ada persyaratan rumit seperti KYC (Know Your Customer) atau AML (Anti-Money Laundering) yang memperlambat proses.

Antarmuka utama Metamask menyajikan tombol-tombol yang mudah diakses untuk mengirim dan menerima kripto.

Transaksi dalam Metamask dilakukan dengan menggunakan token Ethereum (ETH) dan Anda dapat dengan mudah melihat portofolio token Anda.

Tampilan Phantom

Phantom memiliki tampilan yang lebih modern dan intuitif.

Bagian atas menampilkan informasi tentang dompet, seperti saldo, token yang didukung, dan jaringan yang terhubung.

Bagian tengah menampilkan daftar token yang dimiliki pengguna, dikelompokkan berdasarkan jaringan.

Bagian bawah menampilkan daftar transaksi yang dilakukan pengguna, dikelompokkan berdasarkan waktu.

Bagian samping menampilkan menu untuk mengakses berbagai fitur, seperti daftar proyek DeFi dan NFT.

perbedaan phantom dan metamask

Seperti yang dikatakan, sebuah wallet dapat memengaruhi pengalaman Anda dalam menggunakan blockchain.

Phantom menyederhanakan penggunaan blockchain Solana berkat antarmuka pengguna yang mudah dipahami.

Setelah Anda mengunduhnya pada browser Anda, Anda hanya perlu memasukkan kata sandi untuk mengakses wallet.

Tidak ada persyaratan KYC atau AML yang rumit. Halaman utama dashboard memudahkan Anda dalam mengakses tombol untuk mengirim dan menerima dana.

Transaksi dilakukan dengan menggunakan token SOL, dan Anda dapat dengan mudah menjelajahi portofolio token Anda atau DeX bawaan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, wallet ekstensi browser diciptakan untuk berinteraksi dengan blockchain tertentu. Oleh karena itu, Phantom hanya kompatibel dengan token, DApps, smart contract, dan NFT yang dibangun di blockchain Solana.

Ini adalah hal yang wajar, karena sedikit wallet ekstensi browser yang bekerja dengan lebih dari satu blockchain.

Metamask juga diciptakan terutama untuk berinteraksi dengan dan mendukung DApps, token, NFT, dan smart contract yang dibangun di blockchain Ethereum.

Namun, wallet ini baru-baru ini mulai mendukung Binance Smart Chain (BSC), sehingga kompatibel dengan token BEP20 selain token ERC20.

Anda dapat dengan mudah beralih antara blockchain Ethereum dan BSC sesuai keinginan saat menggunakan Metamask. Hal ini membuat Metamask menjadi wallet yang lebih baik dalam hal blockhain yang didukung wallet kripto.

MetaMask menggunakan biaya Ethereum untuk memverifikasi transaksi. Biaya ini bervariasi tergantung pada kondisi jaringan Ethereum.

Saat ini, biaya Ethereum cukup tinggi, sehingga dapat menyebabkan biaya transaksi yang mahal.

Selain biaya, MetaMask juga dapat membebankan biaya tambahan untuk fitur tertentu, seperti token non-fungible (NFT).

Phantom menggunakan biaya gas Solana untuk memverifikasi transaksi. Biaya gas Solana jauh lebih rendah daripada biaya gas Ethereum.

Hal ini membuat Phantom menjadi pilihan yang lebih terjangkau untuk pengguna yang ingin melakukan transaksi di blockchain Solana.

Phantom juga tidak membebankan biaya tambahan untuk fitur tertentu.

FiturMetamaskPhantom
Biaya Pembuatan DompetGratisGratis
Biaya Penggunaan DompetGratisGratis
Biaya Transaksi Transfer Antar Dompetmulai dari $0,05mulai dari $0,0001
Biaya Pembelian NFTmulai dari $2mulai dari $0,01
Biaya Stalking Tokenmulai dari $0,01mulai dari $0,0001

Salah satu fitur paling mencolok dari Phantom dan MetaMask adalah beragam fitur yang mereka tawarkan kepada pengguna mereka.

Untuk memulai, kedua dompet memungkinkan pengguna untuk menukar kriptokurensi antara satu sama lain menggunakan bursa DeFi populer seperti Uniswap dan Sushiswap di MetaMask dan Jupiter di Phantom.

Ini memungkinkan pengguna dengan lancar menukar aset digital mereka atau membeli dan menjual aset langsung dari dompet mereka.

Dalam hal biaya pertukaran swap, MetaMask mengenakan biaya swap sebesar 0,875%, sedangkan Phantom mengenakan biaya yang sedikit lebih rendah sebesar 0,85%.

Selain pertukaran, baik Phantom maupun MetaMask memungkinkan staking kriptokurensi langsung dalam dompet mereka.

MetaMask juga baru-baru ini mengintegrasikan dukungan staking melalui Lido Finance dan Rocket Pool. Integrasi ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan imbalan staking dengan menaruh ETH dalam dompet MetaMask mereka.

Bagi pengguna yang merupakan penggemar NFT dan koleksi digital, sekali lagi, kedua dompet ini akan memenuhi kebutuhan Anda dengan penyimpanan yang aman dan tampilan yang indah.

Pengguna di Phantom dapat melihat NFT mereka yang ditampilkan dalam dompet, sementara pengguna MetaMask memiliki akses ke NFT mereka baik dalam dompet peramban maupun dalam tampilan portofolio.

Dalam membandingkan Metamask dan Phantom dalam aspek ini, kita melihat bahwa Metamask menawarkan lebih banyak pilihan.

Metamask mendukung hardware wallet seperti Trezor, Ledger, Lattice, Keystone, dan AirGap Vault, memberikan pengguna koleksi wallet yang lebih beragam dan inklusif.

Sementara itu, Phantom hanya mendukung Ledger, sebuah hardware wallet terkemuka dan bahkan yang pertama kali diciptakan, tetapi ini hanya salah satu dari wallet yang didukung oleh Metamask.

Oleh karena itu, dalam hal dukungan untuk hardware wallet, Metamask unggul dengan lima wallet dibandingkan dengan satu wallet pada Phantom.

Seberapa mudah penggunaan suatu dompet adalah hal yang penting karena banyak pengguna baru yang memasuki ruang kripto. Karena Phantom hanya mendukung satu blockchain, penggunaannya jauh lebih mudah daripada Metamask, yang memerlukan Anda untuk beralih antara blockchain.

Selain itu, Phantom memiliki antarmuka pengguna (UI) yang sederhana dan mudah dimengerti, dengan semua opsi yang dapat diakses dalam satu halaman.

Opsi-opsi tersebut mencakup saldo dompet, koleksi, pertukaran, aktivitas terbaru, dan pengaturan.

Untuk Metamask, Anda harus mengklik dropdown setelah memilih blockchain pilihan Anda untuk melihat opsi lain yang tersedia.

Ini bisa membingungkan, terutama bagi orang yang bukan teknisi yang menggunakan dompet tersebut untuk pertama kalinya.

Dalam hal kemudahan penggunaan, Phantom lebih unggul dari Metamask.

Keamanan adalah pertimbangan paling penting dalam memilih dompet kripto. Hal ini karena ruang kripto penuh dengan pelaku jahat yang mencari cara untuk mencuri uang Anda.

Kedua dompet ini serius dalam masalah keamanan dan menghormati privasi pengguna. Ini terlihat karena tidak diperlukan informasi pribadi apa pun untuk membuat dompet ini.

Yang Anda butuhkan hanyalah kata sandi; oleh karena itu, hacker tidak dapat mencuri informasi pribadi dari Anda sejauh yang berkaitan dengan dompet.

Terkait dengan aset kripto Anda, sebuah kata sandi digunakan untuk mengamankan dompet sehingga tidak ada orang lain yang dapat mengaksesnya.

Namun, jika Anda kehilangan perangkat yang membawa dompet atau tidak dapat mengaksesnya karena alasan apa pun, kedua dompet ini memiliki frase pemulihan yang dapat Anda gunakan untuk memulihkan dompet di perangkat lain.

Ini juga berguna dalam kasus pencurian data. Anda dapat dengan cepat mengganti kata sandi dan mengambil kembali kendali setelah memulihkan dompet di perangkat lain.

Namun, ada perbedaan kecil antara keduanya. Metamask memiliki mekanisme yang memastikan Anda telah dengan aman menyalin dan menyimpan frasa pemulihan 12 kata. Anda harus memasukkan kembali kata-kata tersebut dalam urutan yang benar untuk menyelesaikan pembuatan dompet Anda.

Untuk Phantom, Anda dapat menunda proses ini, yang dapat membuka risiko bagi pengguna jika mereka akhirnya tidak menyimpan frasa cadangan mereka dengan aman. Meskipun kedua dompet ini serupa dalam fitur keamanan, detail kecil ini membuat Metamask unggul dari Phantom.

Baca Juga Keplr VS Metamask : Mana yang Lebih Baik untuk pemula

Jadi, dompet mana yang terbaik untuk Anda? Ini sangat bergantung pada blockchain pilihan Anda. Jika Anda berurusan dengan Ethereum atau BSC, tentu saja, Metamask adalah dompet pilihan, dan Phantom adalah untuk Solana.

Namun, jika Anda tidak memiliki blockchain tertentu dalam pikiran dan hanya mencari dompet browser yang andal, Metamask lebih baik.

Ini lebih aman dan mendukung lebih banyak hardware wallet. Selain itu, mendukung dua blockchain utama. Jika biaya adalah prioritas Anda dan tidak ada yang lain, Phantom lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *