error Unreadable Content

Cara Memperbaiki Error Excel “Unreadable Content”

Posted by

Microsoft Excel menjadi pilihan paling populer saat menganalisis data, membuat grafik, atau mencari informasi.

Oleh karena itu, ketika excel mengalami error Unreadable Content, hal ini dapat menghalangi Anda mengerjakan spreadsheet.

Untuk mengatasi masalah ini, anda perlu memahami terlebih dahulu penyebab error Unreadable Content. Setelah penyebab error diketahui, maka anda dapat melakukan langkah-langkah untuk memperbaiki error tersebut.

Error Unreadable Content adalah error yang muncul saat Excel tidak dapat membaca konten dalam sel Excel. Error ini biasanya muncul saat konten dalam sel Excel rusak atau tidak valid.

Konten dalam sel Excel dapat rusak akibat virus, kesalahan pengguna, atau masalah lain. Konten dalam sel Excel juga dapat tidak valid akibat kesalahan pengguna, seperti kesalahan dalam memasukkan data atau kesalahan dalam menggunakan formula. Data Excel yang menggunakan format data yang tidak didukung oleh Excel juga dapat menyebabkan kesalahan Unreadable Content.


Ada beberapa penyebab error Unreadable Content, antara lain:

Kerusakan Konten Excel

Konten Excel dapat rusak akibat virus, kesalahan pengguna, atau masalah lain. Kerusakan konten Excel dapat menyebabkan Excel tidak dapat membaca konten tersebut.

Data Tidak Valid Excel

Kesalahan pengguna dapat menyebabkan data tidak valid pada excel. Seperti kesalahan dalam memasukkan data atau kesalahan dalam menggunakan formula, yang dapat menyebabkan Excel tidak dapat membaca data tersebut.

Format Data Excel Tidak Didukung

Excel hanya mendukung format data tertentu. Excel tidak dapat membaca file tersebut jika format excel tidak didukung oleh excel.

Konflik Dengan Add-in Excel

Add-in dapat menambah fungsionalitas Excel dengan menambahkan fitur-fitur baru atau memperluas fitur-fitur yang sudah ada.Namun, beberapa add-in dapat menyebabkan konflik dengan Excel, sehingga menyebabkan error Excel “Unreadable Content”.

Masalah pada Perangkat Keras Komputer

Jika perangkat keras komputer anda, seperti hard drive atau RAM, mengalami masalah, maka hal ini dapat menyebabkan error Excel “Unreadable Content”

Buka Excel dengan Akses Administrator

Ada kemungkinan Excel menampilkan kesalahan konten tidak dapat dibaca karena tidak memiliki izin yang diperlukan untuk mengakses dan mengedit file.

Klik kanan ketika melakukan  eksekusi file Microsoft Excel dan pilih Jalankan sebagai administrator.

Jika menjalankan Excel dengan akses administrator dapat memperbaiki masalah tersebut, Anda harus selalu menjalankan aplikasi Microsoft 365 sebagai akses administrator. Ini akan membantu mencegah masalah yang disebabkan oleh izin yang tidak memadai.

Buka Blokir File Excel

Jika menjalankan Excel sebagai administrator tidak memperbaiki masalah, anda harus memeriksa apakah file tersebut tidak diblokir. Biasanya, ini terjadi dengan dokumen dari sumber eksternal.

Memblokir file berarti mencegah komputer anda mengakses dan membuka file tersebut.

Klik kanan file Excel dan buka Properties. Kemudian, pilih tab General. Di bagian bawah jendela Properties, centang opsi Unblock. Klik Apply > OK untuk menyimpan pengaturan file baru dan mencoba membukanya lagi.

Perbaiki File Excel dengan Excel

Sering kali, Excel menampilkan kesalahan Unreadable Content saat anda mencoba membuka spreadsheet yang rusak. Untungnya, Excel memiliki alat perbaikan bawaan yang bisa anda gunakan. Berikut caranya:

  • Buka Microsoft Excel.
  • Pilih Open.
  • Klik Browse and dan menuju ke lokasi file yang bermasalah.
  • Pilih spreadsheet.
  • Klik Open pada menu drop-down.
error Unreadable Content
  • Pilih Open and Repair
  • Klik Repair di jendela pop-up.
Unreadable Content

Jika Excel tidak dapat memperbaiki spreadsheet, coba pulihkan data sebanyak mungkin. Ikuti instruksi lagi, tetapi kali ini, pilih Ekstrak Data di jendela pop-up.

Catatan: Jika Excel tidak dapat memperbaiki spreadsheet, Anda dapat mencoba menggunakan alat perbaikan pihak ketiga. Ada banyak alat perbaikan pihak ketiga yang tersedia secara online, gratis dan berbayar.

Pindahkan File Excel

Memindahkan file Excel ke lokasi baru dapat membantu mengatasi masalah terkait folder dan file sistem. Ini karena Excel akan membuat file baru untuk menyimpan data spreadsheet saat anda mencoba membukanya di lokasi baru.

Jika Anda mengaksesnya dari perangkat penyimpanan eksternal, salin ke komputer anda. Hal yang sama berlaku jika Anda menggunakan layanan penyimpanan cloud.

Selain itu, ubah nama file setelah memindahkannya untuk memastikan anda tidak menimpa file asli.

Unduh Ulang File Excel

Jika anda mengunduh file Excel dari internet, pastikan untuk mengunduhnya dari sumber yang terpercaya. anda juga dapat memindai file untuk mencari potensi ancaman menggunakan perangkat lunak antivirus atau antimalware anda.

Jika anda menerima file Excel dari orang lain, minta mereka untuk mengirim ulang file tersebut. anda juga dapat meminta mereka untuk menghapus enkripsi dari file tersebut sebelum mengirimkannya kepada Anda.

Jadikan file Excel Read-Only

Jika masih error anda dapat menggunakan cara lain untuk mengatasi kesalahan konten tidak dapat dibaca Excel adalah dengan membuka file menggunakan opsi Read-Only. Untuk melakukannya, buka Excel dan buka File > Open. Kemudian, klik pada spreadsheet dan pilih opsi Read-Only.

Opsi Read-Only (Read-Only option) adalah opsi yang memungkinkan Anda untuk membuka file Excel tanpa dapat mengeditnya.

Membuka file Excel menggunakan opsi Read-Only dapat membantu Anda untuk membuka dan melihat file Excel yang rusak, meskipun Excel tidak dapat memperbaiki file tersebut.

Sebagai gantinya, transfer data ke spreadsheet baru, sehingga Anda memiliki lembar Excel yang berfungsi .

Unreadable Content

Gunakan Alternatif Excel atau aplikasi pihak ketiga

Jika anda terus mengalami kesalahan yang sama, tidak peduli file mana yang anda coba buka, Excel mungkin yang menyebabkan masalah.

Dalam hal ini, anda dapat beralih ke alternatif Excel untuk sementara. anda masih dapat melihat dan mengedit dan memperbaiki Excel anda.

Ada banyak alternatif Excel yang tersedia, baik gratis maupun berbayar. Beberapa alternatif Excel yang populer termasuk:

  • Google Sheets
  • LibreOffice Calc
  • Apache OpenOffice Calc
  • WPS Office Spreadsheets
  • Zoho Sheets

Untuk menggunakan alternatif Excel, anda perlu mengunduh dan menginstal program perangkat lunak di komputer anda. Setelah terinstal, anda dapat membuka spreadsheet Excel anda di alternatif Excel dan melihat dan mengeditnya.

Pasti membuat frustrasi ketika Excel mengalami error Unreadable Content, terutama jika anda sebelumnya telah mengerjakan spreadsheet tersebut tanpa masalah apa pun.

Namun, mengetahui langkah-langkah pemecahan masalah ini akan membantu Anda memperbaiki Excel dengan cepat saat berencana untuk menyimpang sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *