cara membuat Timestamp pada Komentar YouTube

Bagaimana Cara Membuat Timestamp ke Komentar YouTube?

Posted by

Timestamps adalah cara yang sempurna untuk mengorganisir video YouTube Anda. Berikut cara menggunakannya.

Mungkin sulit untuk menonton video YouTube yang terlalu panjang. Untungnya, fitur timestamp YouTube memungkinkan penonton untuk melompat ke momen waktu dalam video.

Pemilik konten yang menambahkan timestamp ke video mereka, terutama video yang lebih panjang, adalah penyelamat karena mereka menghemat waktu berharga Anda.

Selain itu, setiap pengguna dapat menambahkan timestamp mereka sendiri pada video YouTube dengan menggunakan bagian komentar. Mari kita lihat cara menggunakan fitur ini.

Timestamp adalah sebuah kode yang terdiri dari jam, menit, dan detik yang menunjukkan waktu tertentu dalam sebuah video YouTube.

Contoh timestamp adalah 0:153:4510:30, dan seterusnya. Timestamp biasanya ditulis dengan format [jam]:[menit]:[detik]. Jika jam tidak ada, Anda dapat menulis timestamp dengan format [menit]:[detik].

Timestamp dapat berfungsi sebagai hyperlink yang dapat mengarahkan Anda ke waktu tertentu dalam video YouTube. Jika Anda mengeklik timestamp, video YouTube akan otomatis diputar dari waktu yang ditandai oleh timestamp tersebut.

Anda juga dapat menyalin dan menempel timestamp ke tempat lain, seperti media sosial, blog, atau website.

Kita semua tahu cara berkomentar video YouTube, tetapi bagaimana cara menambahkan timestamp di komentarnya? Caranya sederhana.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memulai.

  1. Buka YouTube dan mulai menonton video.
  2. Setelah mengidentifikasi bagian video yang ingin Anda referensikan, pergi ke bagian komentar dan ketuk Tambahkan komentar atau ketuk Balas jika Anda merespons komentar orang lain.
  3. Ketuk ikon timestamp terlebih dahulu dan mulai mengetik komentar Anda.
  4. Jika Anda ingin merujuk ke beberapa titik dalam video dalam komentar yang sama, ketuk ikon timestamp lagi dan ketik tanggapan kedua Anda.
  5. Komentar Anda sekarang akan menunjukkan dua timestamp.
  6. Sebaiknya tambahkan komentar dengan timestamp saat video sedang diputar agar bagian yang benar dari video diacu.

Harap dicatat bahwa Anda hanya dapat menambahkan komentar ber-timestamp pada konten YouTube berformat panjang, bukan Youtube Shorts.

  • Buka video YouTube yang ingin Anda lihat timestamp-nya.
  • Buka bagian komentar video YouTube dengan mengeklik tombol KOMENTAR di bawah video YouTube.
  • Cari komentar yang memiliki timestamp di dalamnya. Anda dapat mengenali timestamp dengan melihat kode yang terdiri dari jam, menit, dan detik yang berwarna biru.
  • Klik timestamp yang ingin Anda lihat. Video YouTube akan otomatis diputar dari waktu yang ditandai oleh timestamp tersebut.
  • Anda juga dapat mengeklik tombol REPLY di bawah komentar yang memiliki timestamp untuk memberikan tanggapan Anda terhadap timestamp tersebut.

YouTube mulai menguji komentar ber-timestamp pada tahun 2021. Sebelumnya, penonton harus menghentikan video dan mencatat waktu pada saat mereka merujuk. Setelah itu, mereka secara manual menambahkan timestamp ke komentar mereka untuk merujuk pada bagian video tersebut.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, itu adalah proses yang memakan waktu, tetapi menggunakan timestamp dapat menghemat waktu Anda. Gunakan saat merujuk ke bagian tertentu dari video atau saat seseorang mengatakan sesuatu yang penting bagi Anda.

Selain itu, ini memberikan konteks kepada mereka yang membaca komentar Anda dan memudahkan mereka berinteraksi dengannya.

Dengan mengetuk timestamp dalam komentar Anda, mereka dapat langsung melompat ke momen yang Anda rujuk dalam video, yang membantu Anda menghindari pertanyaan lanjutan.

Berikut adalah beberapa contoh komentar dengan timestamp yang dibuat oleh penggemar windah basudara:

Timestamp pada Komentar YouTube

Timestamp dapat berfungsi sebagai hyperlink yang dapat mengarahkan Anda ke waktu tertentu dalam video YouTube.

Timestamp dapat membantu Anda berbagi dan melihat momen-momen menarik, lucu, atau penting dalam video YouTube.

4 comments

  1. What i do not understood is in truth how you are not actually a lot more smartlyliked than you may be now You are very intelligent You realize therefore significantly in the case of this topic produced me individually imagine it from numerous numerous angles Its like men and women dont seem to be fascinated until it is one thing to do with Woman gaga Your own stuffs nice All the time care for it up

  2. Hello my loved one I want to say that this post is amazing great written and include almost all significant infos I would like to look extra posts like this

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *