Extension browser

Apakah Extension Browser Benar-Benar Aman?

Posted by

Extension Browser adalah perangkat lunak yang ditambahkan ke browser web untuk menambahkan fitur atau fungsionalitas baru.

Tujuannya untuk menambahkan pintasan keyboard, menyesuaikan tampilan, atau memblokir iklan.

Meskipun extension browser umumnya aman untuk digunakan, ada beberapa risiko keamanan yang terkait dengannya. Artikel ini akan membahas risiko-risiko ini dan memberikan tips untuk meminimalkannya.

Extension browser menambahkan fitur atau fungsi tambahan ke situs web. Tetapi juga dapat ditugaskan untuk menghapus opsi yang tidak diinginkan seperti video putar otomatis dan fitur tidak nyaman lainnya.

Bahasa dan Teknologi yang digunakan seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Beberapa ekstensi dibuat oleh pengembang browser sendiri. Seperti ekstensi Google Chrome atau ekstensi Mozilla Firefox. Namun, sebagian besar ekstensi dibuat oleh pemrogram pihak ketiga, seperti:

  1. Menambahkan fitur baru ke browser, seperti blokir iklan, pemblokir pop-up, atau penyesuaian tampilan.
  2. Meningkatkan pengalaman browsing, seperti menambahkan pintasan keyboard atau menyesuaikan tampilan tab.
  3. Mengautentifikasi diri ke situs web atau layanan tertentu.

Extension browser dapat sangat bermanfaat, tetapi juga berpotensi berbahaya. Karena ekstensi memiliki akses ke riwayat penelusuran dan cookie Anda, ekstensi dapat digunakan untuk melacak aktivitas online Anda dan mengumpulkan informasi pribadi tentang Anda.

Dalam beberapa kasus, ekstensi berbahaya bahkan dapat digunakan untuk mencuri kata sandi Anda atau memasukkan malware ke komputer Anda.

Oleh karena itu, penting untuk menyadari risiko sebelum menginstal extension browser apa pun.

Hanya instal ekstensi dari sumber tepercaya, dan pastikan untuk membaca izin dengan cermat sebelum memberi mereka akses ke data penelusuran Anda.

Jawabannya adalah iya dan tidak. Ini benar-benar tergantung pada jenis ekstensi yang Anda instal; risiko keamanan terbesar yang mereka timbulkan adalah dari permissions management.

Jenis ekstensi yang diinstal dan izin yang diberikan menentukan keamanan extension browser.

Sistem izin pada kebanyakan browser web modern memberikan Anda kontrol penuh untuk mengatur izin-izin yang dimiliki oleh setiap ekstensi.

Ini membantu mengurangi risiko keamanan, karena Anda dapat mencegah ekstensi mengakses data atau menjalankan kode yang tidak Anda inginkan.

Namun, beberapa extension browser memiliki izin yang sangat luas, yang berarti mereka dapat mengakses semua data Anda di situs web mana pun yang Anda kunjungi.

Ini berpotensi berbahaya, karena ekstensi berbahaya dapat menggunakan izin ini untuk mencuri data Anda atau menginstal malware di komputer Anda.

Oleh karena itu, penting untuk berhati-hati saat menginstal extension browser. Hanya instal ekstensi dari sumber yang Anda percayai, dan baca izin dengan cermat sebelum menginstalnya.

Anda juga dapat menggunakan alat seperti Monitor Ekstensi Chrome untuk melacak aktivitas ekstensi Anda dan memastikannya tidak melakukan apa pun yang mencurigakan.

Berikut adalah beberapa masalah privasi dan keamanan yang dapat ditimbulkan oleh extension browser:

Keylogging

Ekstensi berbahaya dapat merekam semua yang Anda ketik, termasuk kata sandi dan detail login Anda.

Pengalihan lalu lintas

Ekstensi berbahaya dapat mengalihkan lalu lintas penelusuran Anda ke situs web berbahaya atau memasukkan iklan yang tidak diinginkan.

Malware

Ekstensi berbahaya dapat mengunduh malware, adware, atau virus Trojan ke komputer Anda.

Pelacakan

Beberapa extension browser dapat mengumpulkan data penelusuran Anda dan menjualnya ke pengiklan atau pihak ketiga lainnya.

Pembaruan otomatis yang berbahaya

Ekstensi berbahaya dapat diperbarui secara otomatis tanpa Anda sadari, memperkenalkan ancaman keamanan baru.

Kurangnya jaminan keamanan

Bahkan browser teraman pun tidak dapat menjamin keamanan ekstensi mereka.

Tidak ada jaminan bahwa browser teraman dapat melindungi privasi Anda ketika datang ke penawaran extension browser mereka.

Pada tahun 2020, Google menghapus total 106 extension browser Chrome dari Web Chrome Store, sebagai tanggapan terhadap laporan bahwa mereka digunakan untuk menyalurkan data pengguna yang sensitif.                                            

Untuk melindungi privasi dan keamanan Anda saat menggunakan extension browser, ikuti tips berikut:

  • Hanya instal ekstensi dari sumber terpercaya, seperti toko aplikasi resmi browser Anda.
  • Baca ulasan pengguna sebelum menginstal ekstensi.
  • Periksa izin ekstensi dengan hati-hati sebelum menginstalnya.
  • Nonaktifkan ekstensi yang tidak Anda gunakan secara teratur.
  • Perbarui ekstensi Anda secara berkala.
  • Gunakan alat seperti Monitor Ekstensi Chrome untuk melacak aktivitas ekstensi Anda.

Sekarang kita tahu bahaya extension browser, Anda perlu tahu cara memitigasinya.

Hindari Menggunakan Terlalu Banyak Ekstensi

Extension browser dapat bermanfaat, tetapi juga berpotensi berbahaya. Oleh karena itu, penting untuk berhati-hati saat menginstal ekstensi.

Salah satu cara untuk mengurangi risiko adalah dengan membatasi jumlah ekstensi yang Anda instal. Ini karena ekstensi yang lebih sedikit berarti Anda memiliki lebih sedikit potensi untuk menemukan ekstensi berbahaya.

Selain itu, Anda harus hanya menginstal ekstensi dari sumber tepercaya. Ini akan membantu memastikan bahwa ekstensi tersebut aman dan tidak akan membahayakan perangkat Anda.

Terakhir, Anda harus membaca izin ekstensi dengan cermat sebelum menginstalnya. Periksa izin mana yang diminta ekstensi dan pastikan bahwa Anda nyaman dengan izin tersebut.

Instal Ekstensi Dari Sumber yang Dipercaya Saja

ekstensi browser

Sangat penting untuk hanya menginstal ekstensi yang berasal dari sumber populer seperti Chrome Web Store atau Mozilla.

Hindari menginstal ekstensi yang cepat dan tampaknya mudah karena tidak ada cara untuk memprediksi jenis eksploitasi data apa yang mungkin mereka lakukan.

Selain itu, ekstensi yang dibuat oleh orang asing acak untuk menyesuaikan layanan populer seperti Gmail atau YouTube adalah tanda bahaya dan harus dihindari karena dapat membuka pintu bagi malware.

Jika ekstensi dari sumber tepercaya seperti Google atau Microsoft maka itu patut dicoba: ini umumnya aman dan tidak dijual ke perusahaan pihak ketiga untuk tujuan jahat.

Untuk menjaga keamanan pengguna, Google menggunakan pembelajaran mesin untuk mendeteksi dan memblokir ekstensi berbahaya sedangkan Mozilla melakukan pemeriksaan validasi otomatis pada ekstensi-nya. Namun, sekali lagi, selalu bersikap hati-hati, bahkan dengan penyedia browser populer.

Hapus Extension Browser yang Tidak Digunakan

extension browser

Jika sebuah ekstensi telah menganggur di browser Anda, maka hapus saja.

Telusuri semua extension browser Anda secara teratur dan hapus yang tidak lagi diperlukan. Ini mengurangi risiko kelemahan keamanan yang dapat diperkenalkan melalui ekstensi, terutama yang ditawarkan oleh penyedia pihak ketiga.

Dengan menghapus ekstensi yang tidak perlu, Anda juga membantu browser Anda bekerja lebih baik—pembersihan rutin browser Anda adalah penguat kinerja yang hebat untuk sistem Anda.

Menghapus extension browser berbeda-beda menurut browser.

Misalnya, di Chrome, Anda dapat mengklik ikon ekstensi di sudut kanan atas jendela dan kemudian pilih Hapus. Atau, Anda dapat mengklik tombol Lainnya (garis vertikal putus-putus di kanan atas) dan pilih Alat Lainnya.

Kemudian klik Ekstensi untuk melihat daftar semua ekstensi yang terpasang dan hapus yang tidak diperlukan.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk meminimalkan risiko keamanan dari extension browser:

Gunakan browser yang aman

Browser yang aman memiliki fitur keamanan yang lebih baik untuk melindungi Anda dari malware dan serangan.

Aktifkan mode aman

Mode aman akan memblokir extension browser saat Anda membuka browser.

Buat cadangan browser Anda

Buat cadangan browser Anda secara berkala untuk memudahkan pemulihan jika terjadi masalah.

Gunakan extension browser secara bijak untuk meningkatkan pengalaman menjelajah Anda sambil menjaga keamanan dan privasi Anda.

Meskipun tidak semua ekstensi browser berbahaya, terserah pada kita untuk menjadi rajin dan menentukan legitimasi ekstensi sebelum menginstalnya.

Cara yang baik untuk mencapainya adalah dengan meneliti penerbit ekstensi dan riwayat mereka sebelumnya.

Selalu ingat untuk menggunakan extension browser dengan hemat dan tetap waspada terhadap ekstensi yang telah Anda instal.

3 comments

  1. I loved as much as youll receive carried out right here The sketch is attractive your authored material stylish nonetheless you command get bought an nervousness over that you wish be delivering the following unwell unquestionably come more formerly again as exactly the same nearly a lot often inside case you shield this hike

  2. I simply could not go away your web site prior to suggesting that I really enjoyed the standard info a person supply on your guests Is going to be back incessantly to investigate crosscheck new posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *