Apakah Beli Game di Steam Aman

Apakah Beli Game di Steam Aman ? Simak Penjelasannya

Posted by

Steam merupakan platform distribusi digital game terbesar di dunia, menawarkan ribuan game kepada jutaan pengguna. Bagi para gamer, pertanyaan keamanan membeli game di Steam adalah hal yang penting.

Karena Steam adalah pasar utama untuk membeli video game PC, kemungkinan Anda menggunakannya untuk membeli setidaknya beberapa game Anda. Namun, sebelum membeli dari mana pun secara online, selalu bijaksana untuk berhenti dan bertanya apakah toko online itu aman.

Mari kita pertimbangkan apakah aman membeli game dari Steam. Kami akan memberikan beberapa alasan untuk keamanan Steam, serta mempertimbangkan beberapa potensi risiko dan cara menghindarinya.

Singkatnya: Ya, aman untuk beli game dari Steam. Kami akan memberikan beberapa alasan spesifik di bawah ini, tetapi mari kita pikirkan gambaran besarnya terlebih dahulu.

Dikutip dari makeusof, Steam menyatakan bahwa, pada tahun 2019, ia memiliki sebanyak 95 juta pengguna aktif bulanan. Pada saat penulisan, Alexa, yang menentukan seberapa populer sebuah situs web, memberi peringkat Steam di 398 secara global (berarti hanya ada 397 situs web di seluruh dunia yang lebih populer daripada Steam). Dan, Steam telah ada sejak tahun 2003 (meskipun mulai menjual video game sedikit kemudian).

Jelas, situs web besar seperti itu akan menggunakan langkah-langkah keamanan standar industri untuk melindungi informasi Anda. Jika tidak, seseorang pasti sudah mengungkapkan hal ini sekarang, yang akan menjadi cerita besar.

Singkatnya, jika Anda merasa nyaman berbelanja di toko online terkemuka lainnya seperti Amazon dan eBay, Anda tidak perlu khawatir membeli game dari Steam. Selalu ada tingkat risiko bahwa salah satu dari situs ini dapat dikompromikan dan mengungkapkan informasi Anda. Tetapi itu adalah sesuatu yang harus Anda terima saat membeli secara online.

Mari kita lihat cara-cara lebih spesifik di mana Steam aman, jika Anda belum yakin dengan dasar-dasar di atas.

Ketika Anda membeli game di Steam melalui browser atau Aplikasi Steam, pembelian Anda aman seperti pembelian di situs web lain yang menggunakan enkripsi HTTPS canggih. Semua informasi yang Anda kirim ke Steam, termasuk data kartu kredit Anda, dienkripsi.

Ini berarti bahwa hanya Anda dan Steam yang dapat melihat data yang dikirim ke server Steam, dan tidak ada orang lain yang dapat mengetahuinya.

Untungnya, Steam mendukung PayPal untuk pembelian. Ini memungkinkan Anda masuk ke akun PayPal Anda untuk membeli game tanpa pernah memberikan detail Anda ke Steam. Jika Anda sudah mempercayai PayPal dengan informasi pembayaran Anda, tidak ada risiko tambahan menggunakan PayPal di Steam. Pastikan Anda menggunakan kata sandi PayPal yang kuat untuk melindungi detail sensitif yang dipegangnya.

Jika Anda tidak menggunakan PayPal, ada opsi lain untuk membeli game di Steam. Anda dapat membeli Steam Gift Card fisik di toko-toko seperti Indomaret, Alfamart, atau Gerai lainnya. Dengan cara ini, Anda dapat membayar dengan uang tunai di toko dan kemudian menukarkan Steam Gift Card di Steam.

aman beli game di steam

Anda juga bisa menggunakan pembayaran dompet digital seperti Dana atau Linkaja, ini merupakan terobosan bagi anda yang tidak memiliki mastercard atau kartu bank, anda melakukan pembelian game menggunakan Dana tersebut.

Baca Juga Cara Mematikan Steam saat Baru Membuka Laptop

Kami telah menetapkan bahwa pembelian di Steam aman. Namun, itu bukan satu-satunya aspek keamanan—Anda tidak ingin seseorang meretas akun Anda dan mengambilnya untuk diri mereka sendiri.

Inilah mengapa Steam menawarkan Steam Guard, fitur keamanan untuk menjaga akun Anda hanya untuk penggunaan Anda. Ini adalah bentuk autentikasi dua faktor: setelah memasukkan nama pengguna dan kata sandi Anda, Anda juga perlu memasukkan kode dari email Anda atau aplikasi seluler Steam untuk masuk.

Seperti kebanyakan layanan, Steam juga memungkinkan Anda menambahkan nomor telepon ke akun Anda. Ini memudahkan untuk kembali masuk jika sesuatu terjadi, seperti lupa kata sandi atau akun Anda dikompromikan.

Klien Steam juga memperbarui secara otomatis, yang sangat membantu dalam menjaga keamanannya. Lihat pengantar kami tentang keamanan Steam untuk mempelajari lebih lanjut.

Aspek lain dari “keamanan” yang mungkin tidak Anda pertimbangkan adalah apakah Anda akan menyesali membeli game dari Steam. Tidak menyenangkan membayar untuk game dan kemudian menyadari bahwa Anda membencinya setelah bermain selama satu atau dua jam.

Faktor “keamanan” tambahan yang mungkin Anda tidak sadari adalah jika ada mencoba beli game di Steam ternyata game tersebut zonk. Tidak menyenangkan beli untuk game yang ternyata tidak seru atau tidak menyenangkan setelah bermain beberapa jam.

Steam mendukung Anda jika ini terjadi karena alasan apa pun. Baik PC Anda tidak dapat menjalankan game atau Anda hanya memutuskan Anda tidak menyukainya, yang perlu Anda lakukan hanyalah menghubungi untuk mendapatkan pengembalian dana.

Selama Anda meminta pengembalian dana dalam dua minggu setelah membeli game dan telah memainkannya kurang dari dua jam, perusahaan akan menghormatinya.

Periksa halaman Pengembalian Dana Steam untuk detail lebih lanjut. Perusahaan menyatakan bahwa mereka masih akan melihat permintaan pengembalian dana yang berada di luar aturan, jadi ini patut dicoba lain kali Anda membeli game dan tidak menyukainya.

Alasan kenapa kebanyakan platfrom termasuk steam memiliki auth 2 faktor adalah meningkatkan keamaan para penggunanya agar terhindar dari kasus hacker dan phising,

Selain itu, untuk melindungi akun pengguna dari akses yang tidak sah. Hal ini berarti bahwa selain password, pengguna juga perlu memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor mereka saat login.

Jadi pastikan email dan nomor telefon anda selalu dalam keadaan aktif agar kalian dapat bermain dan menggunakan steam kapan saja.

Baca Juga Cara Mengatasi Error Content Servers Unreachable di Steam

Meskipun Steam itu sendiri aman karena alasan yang telah kita bahas, masih ada beberapa kekhawatiran keamanan yang harus diperhatikan sebagai pengguna Steam.

Seperti platform sah lainnya, pelaku jahat secara teratur menyamar sebagai Steam. Menggunakan phishing dan trik lainnya, mereka ingin mencuri akses ke akun Anda. Penting bagi Anda untuk mengenali dan menghindari penipuan ini.

Jangan pernah memberikan kredensial Steam Anda kepada siapa pun, bahkan jika mereka mengklaim berasal dari perusahaan. Hindari situs web yang mengklaim menjual kunci murah untuk game Steam dan meminta Anda masuk dengan akun Anda, karena kemungkinan besar situs tersebut palsu. Jangan klik tautan acak yang dikirim orang kepada Anda dalam pesan, dan jangan tambahkan orang yang tidak Anda percayai sebagai teman Steam.

Juga, berhati-hatilah saat mengunduh file terkait game; Anda hanya boleh melakukannya dari sumber tepercaya. Malware yang dirancang untuk mengkompromikan akun Anda dapat disamarkan sebagai cheat atau mod game.

NOTED: Steam tidak pernah meminta username dan password anda, karena steam sendiri sudah memilikinya di database mereka, lantas untuk apa steam meminta dari anda jika bukan karena penipuan oknum diluar steam ? Jangan pernah berikan username atau password kepada orang tidak dikenal meskipun mereka bilang dari perusahaan steam

Jika akun Steam Anda tidak diamankan dengan baik, akan lebih mudah bagi seseorang untuk meretasnya. Pastikan Anda mengatur kata sandi yang kuat dan unik untuk profil Steam Anda. Kami merekomendasikan menggunakan pengelola kata sandi sehingga Anda tidak perlu mengatur kata sandi secara manual.

Penting untuk menjaga akun email yang terhubung dengan profil Steam Anda tetap aman juga. Jika seseorang masuk ke email Anda, mereka dapat mengatur ulang kata sandi untuk semua akun Anda yang lain. Luangkan waktu sejenak untuk memastikan Anda mengikuti keamanan email yang tepat: memiliki kata sandi yang kuat dan autentikasi dua faktor untuk akun email Anda.

Terakhir, Anda sebaiknya tidak mengakses akun Steam Anda di perangkat apa pun yang tidak Anda percayai. Meskipun kemungkinan serangan dengan cara ini cukup rendah, Anda tetap tidak boleh masuk ke Steam di komputer acak atau membeli game di koneksi jaringan yang tidak Anda percayai.

Anda tidak pernah tahu apakah seseorang memiliki keylogger atau malware lainnya di komputer mereka, atau apakah jaringan tersebut dikompromikan. Ketika Anda ingin membeli game Steam atau memeriksa sesuatu di akun Anda, tetap gunakan perangkat yang tepercaya.

Secara umum, semua game yang ada di steam aman dari virus dan malware, karena sebelum game tersebut publish di steam, steam melakukan pengecekan data dan server game tersebut, apakah ada tindakan mencurigakan seperti mencuri data pelanggan atau tidak.

Selain itu, dengan membeli game dari steam anda mendapatkan lisensi yang mana itu merupakan sebuah kunci untuk mengakses game tersebut.

Maka dari itu, jika anda melihat sebuah game di platfrom steam sudah pasti game tersebut sudah lulus uji dan siap pakai oleh para pengguna.

Lantas, kenapa ada game berbayara kemudian bisa jadi gratis di website lain? karena itu adalah ulah dari malware dan virus untuk memanipulasi lisensi dan server, kebanyakan dari kalian pasti jika download game bajakan tidak bisa bermain online layaknya player lain yang beli langsung dari developernya, ya kan?.

Semoga sekarang Anda yakin bahwa Steam adalah tempat yang aman untuk membeli game. Detail pembayaran Anda dilindungi oleh enkripsi, ada beberapa alat keamanan untuk melindungi akun Anda, dan Anda dapat mengembalikan apa pun untuk menghindari penyesalan pembelian.

Selama Anda menghindari penipuan Steam dan mempraktikkan keamanan yang masuk akal, Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan di Steam. Sekarang Anda bisa membeli beberapa game dengan diskon dan mulai bermain!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *