laptop gaming untuk kuliah

Apakah Laptop Gaming Bisa untuk Kuliah? Simak Penjelasannya

Posted by

Laptop gaming adalah laptop yang dirancang khusus untuk menjalankan permainan dengan grafis dan performa tinggi. Laptop gaming biasanya memiliki spesifikasi yang lebih tinggi daripada laptop biasa, seperti prosesor, kartu grafis, RAM, dan storage. Namun, apakah laptop gaming bisa digunakan untuk keperluan kuliah?

Apakah laptop gaming layak dipertimbangkan sebagai pilihan untuk mahasiswa? Apa saja kelebihan dan kekurangan laptop gaming untuk kuliah?

Pada artikel kali ini akan membahas beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli laptop gaming untuk kuliah.

Saat memilih laptop ideal untuk kuliah, pertimbangkan poin-poin berikut ini:

1. Memiliki Kamera / Cam

Untuk mahasiswa yang ingin memiliki laptop gaming untuk kuliah disarankan untuk memilih laptop yang ada kamera nya, karena dibeberapa perkuliahan terdapat beberapa pertemuan online.

Hal ini tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan terkait membeli kamera eksternal untuk laptop gaming anda.

2. Performa Laptop Gaming

Kinerja laptop sangat penting bagi mahasiswa. Cari prosesor yang dapat menangani penelitian intensif, analisis data, dan pembelajaran virtual.

Selain itu, Laptop gaming dapat menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar, tanpa mengalami lag atau macet. Anda dapat membuka banyak tab di browser, menjalankan software desain, editing, atau pemrograman, dan berpindah antara aplikasi dengan cepat.

Laptop gaming juga dapat menangani file-file besar dengan mudah, seperti video, gambar, atau data.

3. Daya Tahan Baterai Laptop Gaming

Karena mahasiswa selalu berpindah-pindah tempat, daya tahan baterai yang lama sangat diperlukan.

Cari model-model yang menawarkan daya tahan baterai yang diperpanjang untuk menghindari masalah pengisian ulang konstan antar kelas, memungkinkan sesi belajar di perpustakaan atau kafe favorit tanpa khawatir mencari stopkontak.

Dan juga, laptop gaming memiliki sistem pendingin yang baik, yang dapat mencegah laptop dari panas berlebih atau overheat. Laptop gaming juga memiliki baterai yang besar, yang dapat bertahan lama meskipun digunakan untuk aktivitas berat.

Anda dapat menggunakan laptop gaming tanpa khawatir laptop akan mati atau rusak saat kuliah.

4. Portabilitas Laptop Gaming

Bagi mahasiswa yang selalu berpindah tempat, memiliki laptop yang dapat dibawa kemana-mana sangat penting.

Laptop gaming harus tahan terhadap lingkungan kehidupan kampus dan gangguan sehari-hari karena desain yang ringan dan ramping.

5. Harga dan Jangka Panjang Laptop Gaming

Laptop gaming seringkali lebih mahal daripada laptop biasa, tetapi mereka seringkali memiliki nilai tambah.

Laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi memiliki umur pakai yang lebih lama dan dapat menjalankan aplikasi dan permainan di masa depan tanpa harus mengganti laptop secara teratur, sehingga Anda dapat menghemat lebih banyak uang dalam jangka panjang.

6. Laptop Gaming untuk Hiburan dan Penghilang Stres

Terlepas dari kenyataan bahwa ini mungkin tidak relevan dengan kebutuhan akademik, bermain game di laptop juga dapat berfungsi sebagai alat hiburan dan menghilangkan stres.

Mahasiswa dapat menggunakan laptop gaming mereka untuk bersantai, bermain game, atau menonton film setelah sehari penuh mengerjakan tugas dan kuliah. Aktivitas ini dapat meredakan stres dan meningkatkan kesejahteraan psikologis, yang dapat menghasilkan peningkatan produktivitas akademik.

laptop gaming untuk kuliah

1. ASUS ROG Zephyrus G14 14”165Hz Gaming Laptop (RTX 4070)

Laptop Gaming ASUS ROG Zephyrus G14 14” 165Hz merupakan salah satu laptop gaming compact yang paling dihormati di industri ini, menawarkan kombinasi CPU dan GPU yang mengesankan dalam faktor bentuk yang kompak sambil mendapatkan kinerja yang signifikan darinya.

Dengan AMD Ryzen 9 7940HS dan Nvidia RTX 4070, G14 dilengkapi untuk menangani game pada resolusi tampilan targetnya, yaitu 2K dengan refresh rate 165Hz yang menawarkan panel IPS dan hingga 500 nits kecerahan sebagai bagian dari fiturnya.

Spesifikasi:

Sistem Operasi: Windows 11 Home
CPU: AMD Ryzen 9 7940HS
GPU:NVIDIA GeForce RTX 4070
RAM: 16GB DDR5
Penyimpanan: 1TB NVME SSD
Baterai: 76WHr 4-Cell
Tampilan (Ukuran, Resolusi): 14 Inci, 2560 x 1440 (QHD)
Kamera: Kamera IR 1080P FHD
Speaker: Ya Warna Moonlight White
Jaringan: Wi-Fi 6E, Bluetooth: 5.3
Berat: 3.64 lbs

Jika Anda ingin laptop untuk keperluan kuliah, ASUS ROG Zephyrus G14 adalah pilihan yang bagus karena kinerjanya dan portabilitasnya. Layar 14 inci QHD 165Hz memastikan pengalaman belajar yang jelas dan pengalaman bermain game yang lancar setelah kelas.

Jika siswa menggunakan komputer mereka untuk tujuan rekreasi dan pekerjaan sekolah, model ASUS ini adalah pilihan yang bagus.

2. MSI Katana 15 Gaming Laptop (B12VGK-082US)

laptop untuk mahasiswa

Laptop gaming MSI Katana 15 memiliki CPU Intel Core i7 generasi ke-12 dan GPU RTX 4070 yang bertenaga, memiliki memori dan penyimpanan yang memadai, dan panel IPS 144Hz.

Dengan banyak pilihan jaringan dan harga yang sulit dikalahkan saat diskon, MSI Katana 15 adalah laptop gaming RTX 4070 termurah yang tersedia saat ini.

Spesifikasi:

Sistem Operasi:Windows 11
CPU: Core i7 13th gen
GPU:NVIDIA GeForce RTX 4070 (105W)
RAM: 16GB DDR5
Penyimpanan: 1 TB NVMe SSD
Baterai: 76WHr 4-Cell
Tampilan (Ukuran, Resolusi): 15.6″ 144 Hz FHD IPS
Speaker: 2x Speakers (2W)
Jaringan: Wi-Fi 6, Ethernet, Bluetooth 5.2
Berat: 4.96 lb

Untuk mahasiswa yang tidak ingin mengorbankan kinerja atau kemampuan bermain game mereka, laptop gaming MSI Katana 15 sangat serbaguna. Laptop ini memiliki CPU Intel Core i7 generasi ke-12 dan GPU RTX 4070 yang membuatnya siap untuk bermain game terbaru atau mengolah data untuk proyek kelas.

Namun demikian, tidak tanpa catatan; baterai mungkin membuat beberapa mahasiswa mencari stopkontak di luar kelas karena tahan lama. Namun, MSI Katana 15 adalah teman yang layak baik di kelas maupun di luar ruangan, dan terus menjadi laptop serbaguna terbaik untuk kuliah.

3. Razer Blade 15 Gaming Laptop – 15.6′

laptop untuk akademis

Performa luar biasa dari laptop gaming Razer Blade 15 termasuk prosesor Intel Core i7 generasi ke-12 dengan 14 inti, 16GB memori DDR5, dan RTX 3070TI, yang seharusnya memungkinkan Anda memainkan semua game modern dengan mudah.

Razer Blade 15 memiliki layar menakjubkan 240 Hz dan penyimpanan NVME sebesar 1TB yang akan menarik gamer kompetitif, dan sekarang tersedia dengan harga yang luar biasa, menjadikannya salah satu laptop gaming terbaik yang tersedia di Amazon saat ini.

Spesifikasi:

Sistem Operasi:Windows 11
CPU: Core i7 13th gen
GPU:RTX 4070
RAM: 16GB DDR5
Baterai: 76WHr 4-Cell
Tampilan (Ukuran, Resolusi): 15″, 2560 x 1440
Jaringan: Wi-Fi 6, Ethernet, Bluetooth 5.2
Berat: 4.54 pounds

Razer Blade 15 adalah pilihan terbaik bagi mahasiswa dan penggemar game. Laptop ini adalah pilihan yang baik untuk kedua kebutuhan akademik dan permainan karena memiliki GPU terbaik di kelasnya.

Perangkat lunak desain dan game AAA berjalan mulus berkat visualisasi berkualitas tinggi dan kecepatan pemrosesan yang cepat. Ini adalah kenikmatan istirahat belajar yang luar biasa.

4. ASUS TUF F17 Gaming Laptop

laptop gaming untuk akademis

Laptop 17.3 inci ASUS TUF F17 memiliki prosesor Intel Core i5-11400H enam inti dengan kecepatan boost hingga 4.5 GHz dan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3050 dengan RAM GDDR6 sebesar 4 GB. Layarnya adalah panel IPS Full HD (1920 x 1080) dengan refresh rate 144 Hz.

Laptop TUF ini memiliki sistem kipas ganda untuk pendinginan dan memenuhi standar militer MIL-STD-810H.

Spesifikasi:

Sistem Operasi:Windows 11
CPU: Intel Core i5-11400H Processor
GPU:NVIDIA GeForce RTX 3050 4GB GDDR6 Graphics
RAM: 8 GB DDR4 3200MHz
Baterai: 76WHr 4-Cell
Penyimpanan:512 GB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD
Jaringan: Wi-Fi 6, Ethernet, Bluetooth 5.2

ASUS TUF F17 adalah pilihan utama bagi mahasiswa yang membutuhkan laptop yang mencapai titik ideal antara kinerja dan keterjangkauan.

Dengan layar berkecepatan tinggi dan kualitas konstruksi yang tangguh, laptop ini menonjol sebagai teman yang dapat diandalkan baik untuk belajar maupun bermain game, suatu fitur yang membuatnya menonjol di kelas menengah.

5. Dell G15 Gaming Laptop

apakah laptop gaming cocok untuk kuliah

Jika Anda sedang mencari laptop gaming baru untuk kuliah, harga paling rendah yang dapat Anda temukan biasanya sekitar Rp.12 Juta. Ada beberapa pilihan lain dengan harga sekitar Rp. 12 Juta, tetapi kami lebih suka Dell G15 yang baru.

Laptop ini cukup berat dan tebal, dan layarnya bukan yang terbaik; namun, ia memiliki daya tahan baterai yang baik dan kinerja yang solid dengan harga yang terjangkau.

Spesifikasi:

Sistem Operasi:Windows 11
CPU: Intel Core i5-1350HX
GPU:Nvidia RTX 3050
RAM: 8GB DDR5
Baterai: 76WHr 4-Cell
Penyimpanan:512 GB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD
Jaringan: Wi-Fi 6, Ethernet, Bluetooth 5.2

Apa yang benar-benar berhasil dari Dell G15 adalah kualitas konstruksinya. Konstruksi seluruhnya dari plastik tidak sekuat laptop berbahan aluminium, tetapi memiliki fleksibilitas keyboard dan layar minimal, serta memiliki sentuhan matte yang nyaman di semua permukaan.

Keyboard-nya juga jauh lebih baik daripada yang bisa diharapkan dari harganya, dan dilengkapi dengan numpad yang tipis.

6. Laptop Gaming Alienware x17 R2

kebutuhan laptop gaming untuk kuliah

Memilih laptop yang tepat untuk seorang mahasiswa tingkat pertama, terutama yang mengambil jurusan Arsitektur, menjadi keputusan penting untuk memastikan perjalanan akademis yang lancar.

Laptop Gaming Alienware X17 R2 memiliki ukuran yang cukup besar, menekankan kesesuaian laptop dengan kebutuhan akademis

Sistem Operasi:Windows 11
CPU: Intel Core i9
GPU:NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti
RAM: 32 GB
Berat:6.82 pounds
Baterai: 6-cell, 87 Wh, “smart” lithium-ion, ExpressCharge™ Boost
Penyimpanan:512 GB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD
Jaringan: Wi-Fi 6, Ethernet, Bluetooth 5.2

Konstruksi yang kokoh, fitur kinerja tinggi, dan kesesuaian dengan tugas-tugas terkait arsitektur menjadikannya pilihan ideal untuk mahasiswa yang mengejar bidang studi serupa.

Sebagai kesimpulan, berinvestasi dalam laptop yang andal dan bertenaga merupakan langkah penting untuk menjamin keberhasilan akademis dan pengalaman belajar yang mulus bagi mahasiswa, terutama mereka yang mengambil jurusan khusus seperti Arsitektur.

1. Laptop Gaming Terlalu Berat

Laptop gaming memiliki bobot yang berat karena ukuran dan jumlah komponen yang banyak. Laptop gaming juga biasanya memiliki layar yang besar, antara 15-17 inci, yang membuatnya sulit untuk dimasukkan ke dalam tas.

Jika Anda sering membawa laptop ke kampus atau ke tempat lain, laptop gaming mungkin akan memberatkan Anda.

Anda bisa baca artikel kami kenapa laptop gaming berat. Karena kebanyak laptop gaming memang memiliki bobot yang berat.

2. Harga Laptop Gaming yang Mahal

Laptop gaming memiliki harga yang mahal karena spesifikasi yang tinggi. Laptop gaming biasanya dijual dengan harga di atas 10 juta rupiah, bahkan bisa mencapai 20-30 juta rupiah untuk laptop gaming kelas atas. Jika Anda memiliki anggaran yang terbatas, laptop gaming mungkin tidak masuk akal untuk Anda.

Jadi, apakah laptop gaming bisa untuk kuliah? Jawabannya adalah tergantung. Anda perlu menyesuaikan laptop gaming dengan kebutuhan, anggaran, dan preferensi Anda sebagai mahasiswa.

Anda juga perlu membandingkan laptop gaming dengan laptop biasa, untuk mengetahui mana yang lebih cocok untuk Anda. Laptop gaming bisa menjadi pilihan yang baik untuk kuliah, asalkan Anda dapat mengatasi kekurangannya dan memanfaatkannya dengan baik.

Baca Juga 7 Alasan Laptop Gaming harus di-charge saat Bermain Game

Apakah laptop gaming boleh dibawa ke kampus atau sekolah?

Sudah jelas bahwa tidak ada kebijakan khusus yang harus diterapkan di sekolah atau kampus karena laptop gaming tetap saja berfungsi sebagai laptop pada umumnya, hanya saja memiliki spesifikasi yang lebih tinggi daripada laptop biasa.

Kenapa Laptop Gaming Tebal?

Tebal laptop gaming bukan tanpa alasan: itu menampung mesin, sistem pendingin, dan bagian lain yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Apakah Baterai Laptop Gaming Awet?

Seiring dengan perkembangan teknologi, daya tahan baterai laptop gaming juga semakin meningkat. Saat ini, sudah banyak laptop gaming yang memiliki daya tahan baterai hingga 10 jam atau lebih. Daya tahan baterai ini masih cukup memadai untuk penggunaan sehari-hari, seperti browsing, mengerjakan tugas, atau menonton film.

2 comments

  1. Greetings, I admire your writing very much. We maintain a dialog further regarding your post on AOL. I am in need of an expert in this field to solve my problem. Perhaps you could be that individual. I look forward to seeing you.

  2. Thank you I have just been searching for information approximately this topic for a while and yours is the best I have found out so far However what in regards to the bottom line Are you certain concerning the supply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *